Kamis, 07 April 2022

'Tak Ada Leluhur Tak Ada Kita' Perkumpulan Hwie Tiauw Ka Surabaya Gelar Sembahyang Cheng Beng



Menjadi agenda rutin bagi Perkumpulan Hwie Tiauw Ka Surabaya memperingati
festival Qing Ming (Cheng Beng) yang jatuh pada tanggal 5 April 2022 (bulan 3 tanggal 5 menurut penanggalan Kalender Imlek). 

Sembahyang Cheng Beng digelar pengurus di gedung Perkumpulan HTK, Jl. Slompretan Surabaya tepat pukul 11 siang, pada 5 April 2022, dengan dipimpin Ketua HTK Jayapranata 李兰芳. Sedangkan pembawa acara oleh Hasan K 古学声, pembaca Layarta 龙神祝章 dibawakan Limantoro L  黎廣霖 dan pembaca mantra 众先伯祝章 oleh Ali Santoso 温荷祥.




Pengurus yang turut hadir dalam acara sembahyang di antaranya; 黄奋鹏 ,  黄德明,  古宝基, 古宝尧, 余美莲, 古群艳, 杨金英, 张新莲, 古丽璇, 沈静香, 古霞莲, 翁玫娟, 李伟龄.

Selesai sembahyangan, Jayapranata 李兰芳 mengatakan perkumpulan HTK pelaksanaan tradisi Cheng Beng tetap menerapkan Prokes. Jayapranata berharap kegiatan dalam perkumpulan mulai aktif, karena pandemi Covid-19 mulai melandai.

Salah satu pengurus yang cukup senior, 
Ali Handojo 李汉雄 mengatakan bahwa Cheng Beng adalah tradisi bukan agama. "Kami berharap generasi muda bisa ikut sembahyang Cheng Beng dan meneruskan tradisi yang sudah turun temurun. Tidak ada leluhur tidak ada kita," ujar Alie Handojo 李汉雄. 

0 komentar:

Posting Komentar