Selasa, 07 Juni 2022

Banyuwangi Sukses Gelar WSL Ajang Surfing Bergengsi Tingkat Dunia



World Surf League (WSL) Championship Tour, liga suring bergengsi tingkat dunia yang diselenggarakan di Pantai Plengkung G-Land Banyuwangi yang digelar mulai 28 Mei dan berakhir 4 Juni 2022 kemarin, dinilai sukses dan terbaik.

Hal itu diungkap General Manager WSL Asia Pasifik, Andrew Stark, pada penutupan kompetisi di G-Land  Banyuwangi yang dihadiri langsung Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.  

Andrew berharap bisa datang kembali ke Banyuwangi dan mengaku terkesan, karena mendapat sambutan yang meriah. "Penyelenggara WSL di Banyuwangi adalah salah satu yang terbaik selama ini. Terima kasih Banyuwangi, terima kasih Indonesia atas dukungannya," ucap Andrew.

World Surf League (WSL) Championship Tour di Banyuwangi dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, pada 27 Mei 2022 lalu. WSL Championship Tour 2022 digelar di sejumlah pantai terpilih yakni Hawaii, Australia, Amerika Serikat, Banyuwangi (Indonesia), Brazil, Afrika Selatan, Portugal, dan Tahiti, sejak Januari 2022 dan berakhir Agustus 2022. 

G-Land yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo dikenal sebagai surga bagi peselancar dunia, karena memiliki ombak terbaik. Kawasan tersebut ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh UNESCO-PBB dan geopark nasional. Kini dalam pengajuan bagian dari jaringan geopark dunia atau UNESCO Global Geopark (UGG) bersama Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah.

Bupati Ipuk mengaku senang dengan suksesnya penyelenggaraan WSL di G-Land kali ini. Ia berharap menjadi promosi positif untuk pariwisata Banyuwangi di kancah internasional. 

"Semoga berdampak positif bagi pengembangan sport tourism di Banyuwangi dan membangkitkan ekonomi lokal karena melibatkan UMKM," ujar Bupati Ipuk.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendukung apabila WSL digelar kembali di Banyuwangi dan pihaknya akan membantu membangun berbagai infrastruktur di G-Land.

Dalam ajang tersebut, Jack Robinson peselancar asal Australia dinobatkan sebagai juara pertama WSL Championship Tour Quicksilver Pro G-Land Banyuwangi 2022.

Sedangkan, Johanne Defay meraih juara pertama WSL Roxy Women's Pro G-Land Banyuwangi 2022. Defay memuji ombak di G-Land dan merasa nyaman berada di Banyuwangi, karena keramahan penduduknya.

0 komentar:

Posting Komentar