Kamis, 14 Juli 2022

Berburu Kerang Hijau di Pesisir Pantai Desa Ngemboh Ujungpangkah Gresik


Ngemboh adalah desa di Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Jarak Desa Ngemboh ke Kota Gresik sekitar 35 km lebih atau 1 jam 20 menitan ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Pemandangan indah bakal memanjakan mata saat masuk pintu gerbang Kecamatan Ujungpangkah. Deretan pepohonan dan tambak udang fanami berada di sisi kiri kanan jalanan. Ditambah dahan dan ranting membentuk gapura menambah keasrian jalanan berkelok yang dilewati menuju Desa Ngemboh.

Di wilayah Kecamatan Ujungpangkah terdapat beberapa tempat wisata di antaranya; Wagos Wisata Alam Gosari, Mangrove Bengawan Solo, Bukit Kapur Setigi, dan Wisata Banyuurip Mangrove Center.





Desa Ngemboh yang berada di pesisir Pantai Utara Pulau Jawa ini menjadi tempat hidup Kerang Kupang (Mytilus nulis) yang dikenal sebagai blue mussels. Cangkang kerang laut ini terdiri dari dua keping, bentuknya pipih, agak menggembung pada bagian umbonya. Kerang tersebut selain banyak ditemui di Gresik juga di Surabaya dan Sidoarjo.

Ujungpangkah terkenal penghasil Kerang Kupang (Mytilus edulis) yang menjadi makanan khas penduduk, termasuk Desa Ngemboh. 

Sesampai di pesisir Desa Ngemboh, terlihat pantainya yang sangat bersih. Di sepanjang bibir pantai tidak terlihat pasir, namun pecahan kerang kecil yang membatasi laut dan daratan.

Menariknya lagi, daratan pantai sangat subur, oleh penduduk desa ditanami pohon jeruk nipis, sukun, sawo, labu dan sebagainya. Penduduk juga memelihara sapi, beternak bebek, dan ayam. 

Beberapa kapal nelayan nampak bersandar di tepi laut. Dari jauh terlihat kapal-kapal nelayan sedang menjaring kerang hijau yang saat bulan Juli ini sedang panen.

Tak lama seorang nelayan datang dengan kapalnya dan membawa beberapa keranjang Kerang Kupang yang kemudian oleh para ibu direbus dengan sedikit air. Setelah matang, diambil dagingnya satu persatu dari cangkangnya. "Satu kilogramnya 30 ribu," ujar salah satu ibu.

Kerang hijau mudah didapat, harganya pun tidak terlalu mahal dan kaya nutrisi. Lalu manfaat makan kerang hijau diantaranya; menyehatkan jantung, mengurangi rematik, asma, mencegah anemia, menyehatkan otak, meningkatkan kekebalan tubuh, perawatan kulit dan sebagainya.

Kandungan dalam kerang hijau di antaranya; asam lemak omega-3 dan kaya vitamin b12. Dianjurkan tidak mengonsumsi secara berlebihan karena mengandung b12 dan zat besi tinggi. Juga menyebabkan alergi, keracunan makanan, dan kelebihan vitamin.

Untuk memasak kerang hijau ini sangat mudah, karena dari penjual sudah direbus tinggal menumis dengan bawang putih, bawang merah dan cabe yang telah diiris tipis. Masukkan kecap manis, kecap asin, saos tiram, garam, penyedap rasa secukupnya, tambahkan asam sedikit agar tidak berasa amis. Tidak perlu air karena Kupang segar mengeluarkan air dan dagingnya sangat empuk.

Kerang hijau juga bisa dimasak saus padang, asam manis, kuah pedas, bumbu kuning, mentega dan lain lain. 

0 komentar:

Posting Komentar