Rabu, 21 September 2022

Pererat Persahabatan, Komunitas Gowes Susuri Kota Berakhir Nguliner Bersama


Sejak pandemi Covid-19 melanda, banyak orang memilih menghabiskan waktu dengan berolahraga, salah satunya bersepeda. Menariknya awalnya bersepeda bersama keluarga, kini menjadi komunitas gowes.

Gowes sendiri dari kata Go West yang artinya pergi ke barat. Kata gowes saat ini lebih populer dikalangan pesepeda yang diartikan aktivitas mengayuh sepeda.

Walau pandemi telah melandai, masyarakat tetap menyukai menggowes di setiap liburan. Karena manfaatnya besar bagi kesehatan tubuh.

Bersepeda tak hanya menyusuri jalanan kota, tapi juga ke pegunungan, sembari menikmati indahnya alam serta menghirup udara segar. 





Jika tak sempat ke gunung, menyusuri jalanan kota di pagi hari juga menarik. Seperti yang dilakukan banyak komunitas gowes di Surabaya.

Pada akhir pekan, mereka melakukan gowes bersama. Setelah lelah menyusuri jalanan kota, komunitas gowes ini langsung menuju kafe untuk nguliner bersama. Kafe di Surabaya pun banyak yang buka pagi, melayani penghobi sepeda.

Lalu apa manfaat bersepeda pagi? Yang pasti bisa menurunkan berat badan, meningkatkan suasana hati atau mental, membentuk otot, dan sebagainya.

Perlengkapan apa yang harus digunakan saat bersepeda? Selain memeriksa kondisi sepeda layak digunakan agar terhindar dari hal hal tak diinginkan di jalan sebelum menggowes, juga gunakan helm, jersey, sepatu, kaos kaki dan sarung tangan.

Salah satu komunitas sepeda di Surabaya memanfaatkan kegiatan dan perkumpulannya untuk menggalang dana. 

Rudy Purwono pemilik Vinautism Gallery melakukan galang dana dengan menjual jersey yang dilukis putranya Vincent Prijadi Purwono. Hasil penjualan untuk disumbangkan ke yayasan autisme.

0 komentar:

Posting Komentar