Senin, 19 September 2022

PSMTI Jatim Gelar Donor 1000 Peserta di Grand City Mall Surabaya Peringati HUT PMI ke 77



Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) menggelar donor darah serentak se Indonesia dalam rangka memperingati HUT PMI ke 77, pada 17 September 2022. 

Demikian pula PSMTI Jatim juga menyelenggarakan donor darah dengan target 1000 peserta di Multifunction Grand City Mall Surabaya, pukul 9 pagi dan berakhir jam 3 sore.

Ketua PSMTI Jatim Pepeng Putra Wirawan menyampaikan bahwa kegiatan donor darah bertujuan membantu warga yang membutuhkan darah, sesuai dengan visi misi PSMTI untuk bergerak membantu sesama.

Pepeng pun meminta pengurus PMSTI yang ada di 34 kabupaten/kota di Jatim rutin melaksanakan kegiatan donor darah setiap tiga bulan sekali.



Dalam kegiatan ini juga dilakukan MoU penandatanganan kerjasama membantu sesama dan mewujudkan misi kemanusiaan, oleh Ketua Umum PSMTI Willianto Tanta dengan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla.

Sementara itu, Dewan Kehormatan PMI Jawa Timur, dr Betty Agustina Tambunan mengapresiasi kegiatan donor darah PSMTI Jatim untuk membantu stok darah Surabaya dan Jawa Timur. Betty menginformasikan bahwa stok darah di Jatim terbaik se-Indonesia. 

Bahkan, PMI Surabaya pernah memasok darah ke sejumlah daerah di Indonesia seperti Makassar dan Medan. Hal ini karena stok darah di Jawa Timur mencukupi.

Totok Sudarto Penggerak Donor Darah Suka Rela melaporkan panitia berhasil mendapatkan 776 bag darah dari 1083 pendaftar, dan yang dinyatakan tidak lolos donor setelah melalui pemeriksaan medis sebanyak 307. 


"Donor darah yang diselenggarakan PSMTI Jatim ini sangat membantu stok darah di PMI," ujar Totok Sudarto selaku Dewan Kehormatan PMI Kota Surabaya.

Pendonor yang lolos mendapatkan bonus 1 paket sembako berupa 3kg beras, 1 ltr minyak goreng, 5 bks mie instan, 10 sachet Kopi Kapal Api, 1 btl Kopi Kapal Api, Roti Ramayana, dan lainnya.

Dalam acara donor darah, beberapa pengurus PSMTI Jatim turut menyumbangkan darahnya termasuk Pepeng Putra Wirawan.

Donor darah diselenggarakan PSMTI Jatim yang pertamakalinya ini digelar sangat meriah dan menarik menampilkan budaya Tionghoa. 


Pada pembukaan dua barongsai dari Teng Swie Bio Krian Sidoarjo beratraksi dan berkeliling menyapa para pendonor. Dilanjutkan dengan penampilan musik tradisional Tionghoa yang dibawakan grup Rumah Kecapi.

Kemudian ada tampilan Cici Angie yang membawakan tarian topeng seribu wajah, dilanjutkan Balet oleh Cici Helena, dan lagu dibawakan drg Monique. Talk show menghadirkan David Nutritional Therapist. Sepanjang acara dipandu oleh Ikatan Koko dan Cici Jatim dibawah payung PSMTI.

Juga diumumkan para juara lomba foto PSMTI Jatim dengan tema 'Tionghoa Berkarya untuk Indonesia” digelar di Kelenteng Gudo dan Museum Potehi Gudo beberapa waktu lalu.

Denny D’Colo Kabid. Seni Budaya PSMTI Jatim mengatakan sebanyak 230 file foto dari 23 peserta telah dipilih dewan juri yakni Rasmono Soedarjo, Soedjianto Gunawan dan Ganny Gozalie. Karya 6 peserta dinyatakan sebagai pemenang serta berhak mendapatkan trofi, sertifikat, uang tunai dan hadiah produk.





Adapun pemenang lomba foto adalah Juara 1 : Cak Eed Haryo. Juara 2: Peter Lee. Juara 3: Abraham Hamzah. Sedangkan Juara Harapan; Lia Merliani, Josua Victor dan Yanwi Sing.

Kegiatan donor darah yang diselenggarakan PSMTI Jatim kali ini melibatkan PMI Lamongan, PMI Sidoarjo, PMI Surabaya, dan PMI Gresik. Didukung oleh Grand City Mall Surabaya, Harmonis Surabaya Club, Metro TV, Persatuan Jaksa Indonesia, Kopi Kapal Api, Cheers, Sutindo Montis, SPS Corporate, Jamu Iboe, SSA, Apollo Gadget Store, dan Rumah Kecapi.

0 komentar:

Posting Komentar