Sabtu, 08 Oktober 2022

Harmonis Karaoke Club Pegiat Donor Darah Gelar Malam Temu Kangen



Sejak pandemi Covid-19 merebak di dunia dan tanah air hampir 2,5 tahun, praktis Harmonis Karaoke Club tidak menggelar acara. Namun demikian, Harmoni Karaoke Club tetap menggelar baksos donor darah. Harmonis Karaoke Club memang salah satu perkumpulan yang aktif menyelenggarakan kegiatan donor darah sejak 2010.

Pada tanggal 6 Oktober 2022, tepat pukul 5 sore hingga jam 9 malam, Harmonis Karaoke Club menggelar acara 'Malam Temu Kangen' di Restoran Tristar Surabaya.





Totok Sudarto selaku Ketua Harmonis Karaoke Club mengaku sangat bahagia, karena kurang lebih 80 anggotanya hadir. Sepanjang acara diisi dengan para anggota bergantian menyanyi karaoke di atas panggung. Juga ada tampilan balet memukau dari salah satu anak anggota Harmonis Karaoke Club.

Malam itu, Totok Sudarto menceritakan  Harmonis Karaoke Club mulai berkegiatan pada tahun 2010 di Jl. Kapasan yang diikuti beberapa orang saja. Setelah 3 tahun berjalan, Harmonis Karaoke Club pindah latihan karaoke di sebuah sekolah. 

Kemudian pindah lagi ke Balai Sahabat hingga 2018. Lalu menetap latihan karaoke di Restoran Tristar. Pada bulan Februari 2020, kegiatan karaoke berhenti total, karena pandemi COVID-19. 

"Hari ini Harmonis menggelar Malam Temu Kangen, karena permintaan seluruh anggota yang saat ini mencapai ratusan. Ini menjukkan solidnya anggota Harmonis Karaoke Club," ujar Totok Sudarto.

Masih cerita Totok Sudarto, dalam berkegiatan, Harmonis Karaoke Club diundang Ibu Indah Kurnia untuk mengisi acara di SBO TV, sebulan dua kali. "Itu pengalaman Harmonis tampil di TV. Juga mengisi acara Karaoke lagu Mandarin di TVRI, dan berlanjut di Surabaya TV, tapi sejak adanya pandemi Covid, syuting dihentikan. Mudah mudahan diadakan kembali," harap Totok Sudarto yang menginformasikan bahwa Harmonis Karaoke Club juga mengadakan menyanyi bersama club lain dan menggelar lomba-lomba.

Harmonis terjun di bidang sosial yakni donor darah dengan dukungan penuh Ibu Indah Kurnia, terang Totok Sudarto. Pertama kali menggelar kegiatan donor darah di Jembatan Merah Plasa. 

"Perjalanan donor darah yang dilakukan Harmonis Karaoke Club sangatlah panjang. Mulai 2010 hingga sekarang sudah mendapatkan banyak penghargaan, mulai dari PMI, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Menteri PMK Muhadjir Effendy, dan meraih MURI pada 2019. Muri itu milik pendonor, karena tanpa mereka tidak ada artinya," jelas Totok Sudarto yang menjabat Dewan Kehormatan PMI Kota Surabaya.

"Selama pandemi berjalan, kita tetap menyelenggarakan donor darah, karena tugas dari Ketua PMI Yusuf Kalla. Kita mengadakan donor darah di Taman Bungkul dan diantusiasi masyarakat, karena melihat Prokes yang kami jalankan sangat ketat. Kita harus peduli dan melayani sampai pendonor merasa aman dan nyaman," imbuh Totok Sudarto.

Tahun kemarin Totok Sudarto selaku Penggerak Donor Darah Suka Rela telah memperoleh 16.500 bag darah. Ia pun berharap tahun depan bisa mencapai 20 ribu bag darah. Tak mengherankan pula bila Jatim memperoleh peringkat 1 donor darah disusul DKI Jakarta. 

Surabaya pun kalah dengan DKI Jakarta, ujar Totok Sudarto. Oleh karenanya para pendonor disebut Pahlawan Donor Darah, karena membantu menyelamatkan nyawa banyak orang. 

Masih keterangan Totok Sudarto bahwa saat pandemi, banyak orang yang mencari plasma darah untuk penyembuhan pasien Covid. Dalam sehari sebanyak 500 orang mengantri mendapatkan plasma darah yang sangat sulit didapatkan.

Akhirnya para sponsor pendukung yang digalang Totok Sudarto mau mengeluarkan bonus sebesar 250 ribu berupa kain batik dan sembako untuk satu orang pendonor plasma. Sehingga dalam sehari mampu mendapatkan 200 plasma darah.

"Saya sangat membutuhkan dukungan untuk kegiatan donor darah khususnya pada bulan Ramadhan, karena PMI membutuhkan banyak darah, akibat stok kurang. Pada tahun 2022 ini saya membuka kegiatan donor darah selama seminggu pada bulan Ramadan dan berhasil mendapatkan 9 ribu bag darah. Dalam sehari tercatat penerimaan darah sebanyak 1000 bag," ujar Totok Sudarto.

"Saya tetap butuh dukungan agar pelaksanaan donor darah lancar dan semua tertolong. Salam kemanusiaan," pekik Totok Sudarto dan mengucapkan terima kasih kepada anggota Harmonis Karaoke Club, para sponsor pendukung dan pendonor.

Totok Sudarto berharap kegiatan terus diadakan dan makin digiatkan serta menerapkan Prokes sehingga pendonor merasa aman dan nyaman saat berdonor. (Red)

0 komentar:

Posting Komentar