Rabu, 09 November 2022

Berburu Ikan Segar di Desa Nelayan Pangkah Wetan Gresik



Pangkah Wetan, merupakan desa pesisir, di semenanjung Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik.

Perjalanan ke Desa Pangkah Wetan menempuh 31 km atau sekitar 1 jam. Dan jalan yang dilalui beraspal bagus,  sehingga memperlancar perjalanan.

Pemandangan pun sangat bagus, sisi kiri kanan tambak ikan. Pepohonan yang membentuk gapura di tengah jalan, membuat suasana semakin adem.

Sebagian besar penduduk di desa ini, bermata pencaharian di bidang budidaya dan tangkap ikan. 

Setiap hari, nelayan desa menjaring ikan untuk dijual. Beragam ikan yang ditangkap, seperti; kiper, belanak, ilat ilatan, laosan, keting dan sebagainya. 

Dengan harga perkilo terbilang sangat murah sekali. Seperti, ikan laosan dan ikan kiper, per kilo dibandrol hanya 12 ribuan. Ikan keting per kilo dijual 8 ribu rupiah.





Di desan Pangkah Wetan terdapat Wisata Muara Bengan Solo (MBS). Wisata tersebut menawarkan pemandangan  menyusuri muara Sungai Bengawan Solo dari titik kumpul di Desa Pangkah Wetan, menggunakan perahu dengan jarak tempuh lebih dari satu jam hingga memasuki kawasan laut.

Sepanjang perjalanan, pengunjung disuguhi hilir mudik perahu nelayan serta pemandangan hijau tumbuhan liar mapun pohon bakau yang ditanam sekitar tambak nelayan. 

Desa Pangkah Wetan merupakan salah satu wilayah binaan PT Saka Pangkah Indonesia Ltd.

Masih di Ujung Pangkah terdapat Wagos Wisata Alam Gosari, juga ada Wisata Alam Stigi dan Mangrove Ujung Pangkah.

Kembali pada ikan yang dibeli. Sesampai di rumah, ikan dibersihkan, kemudian dimasak sesuai selera. 

Bisa digoreng saja atau direbus bumbu kuning dengan memasukkan belimbing wuluh, kunir, asem, bawang merah, bawang putih, cabe, garam dan penyedap rasa. Sajikan dengan nasi putih hangat dan sambal. Rasanya warr biasahh...

0 komentar:

Posting Komentar