Rabu, 02 November 2022

Reuni 50 Tahun Young People Club Vini Vidi Vici, Ketua Totok Sudarto Raih Pin Emas Ke 10 dari PMI Kota Surabaya



Banyak cerita dan saling mengenang masa muda begitu ketika anggota Young People Club dengan semboyan Vini Vidi Vici menggelar reuni 'Temu Kangen' sekaligus merayakan HUT ke-50, di Hotel Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Mall, pada malam 28 Oktober 2022.

Totok Sudarto selaku ketua mengungkapkan Young People Club Vini Vidi Vici, berdiri sejak tahun 1972. "Kami merayakan HUT ke-50 tahun dengan mengundang seluruh anggota untuk berkumpul bersama, berbahagia bisa berteman hingga 50 tahun," ujar Totok di sela acara.

Totok menceritakan mengaku sangat bahagia ketika saat itu ditunjuk sebagai ketua perkumpulan. Totok Sudarto mengungkapkan pada tahun 2010, beberapa anggota Young People Club bersama dirinya mendirikan Harmonis Karaoke Club sebagai wadah menyanyi.

Namun juga memiliki aksi sosial donor darah. "Saya menggelar donor darah sejak tahun 2007. Pada tahun 2010 dibentuk Harmonis Karaoke Club juga beranggotakan teman teman dari Young People Club," jelas Totok Sudarto.

Hingga sekarang, Young People Club tetap mendukung kegiatan donor darah, walau pun banyak sponsor. Hal itulah yang membuat Totok Sudarto makin bersemangat menggelar aksi donor darah.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota Young People Club atas dukungan selama ini dalam kegiatan donor darah," tutur Totok Sudarto.

Totok mengingat saat ibunya sakit dan membutuhkan darah AB. Ia mengaku kesulitan mendapatkan darah tersebut, padahal ia sudah menjadi Penggerak Donor Darah Suka Rela selama 3 tahun.

Namun akhirnya, ia mendapatkan darah golongan AB untuk ibunya. Ia pun berjanji untuk membantu sesama mendapatkan darah hingga berhasil.


Demikian saat pandemi, banyak orang membutuhkan plasma darah yang sangat sulit didapat. Akhirnya, Totok Sudarto menggelar aksi donor plasma, sehingga dapat meringankan banyak orang mendapatkan plasma konvalesen yang berguna sebagai pengobatan penderita Covid-19.

"Saat itu sehari yang antri sebanyak 500 sampai 700 orang untuk mendapatkan plasma darah. Setelah kami menggelar donor plasma, mulai berkurang jumlah yang antri. Sehari bisa mendapatkan 200 plasma darah. Semua berkat dukungan banyak pihak, termasuk anggota Young People Club," terang Totok Sudarto.

Sehari sebelumnya, yakni 27 Oktober 2022, Totok Sudarto mendapatkan pin emas ke 10 dari PMI Kota Surabaya dalam acara 'Satu Dekade Penggerak Donor Darah Terbaik PMI Kota Surabaya'.

Wakil Ketua Tri Siswanto menyematkan pin emas ke jas yang dikenakan Totok Sudarto, disaksikan para pengurus PMI Kota Surabaya.

"Semoga perolehan darah untuk tahun 2022 meningkat juga tahun depan," ujar Totok Sudarto yang juga Dewan Kehormatan PMI Kota Surabaya. 

Hampir setiap hari donor darah digelar demi mencukupi stok darah di PMI Kota Surabaya. Tercatat, pada tahun 2021, sebanyak 181 kali kegiatan diadakan Totok Sudarto dan mendapatkan 16.105 bag darah.

Totok Sudarto yang juga Ketua Harmonis Surabaya Club meraih penghargaan dari MURI pada 13 Oktober 2019 dengan perolehan 224 pendonor pada tahun 2007 yang meningkat tajam 155 kali kegiatan pada 2018 dengan 11.705 pendonor

0 komentar:

Posting Komentar