Selasa, 27 Juni 2023

Executive Chef Luminor Hotel Jemursari Surabaya Bagi Resep Olahan Menu Kambing Sambut Idul Adha


Dalam rangka menyambut Idul Adha, Executive Chef Luminor Hotel Jemursari Surabaya membuat kreasi hidangan berbahan dasar kambing yang berbeda dan unik.

Resep kreasi menu tersebut dibagikan dan diunggah melalui media sosial @luminorhoteljemursari. 

Menu olahan kambing diberi nama “Lamb Ribs Skewer with Rock Peanut Sauce”, dengan proses memasak sebagai berikut; daging iga kambing dicuci bersih, kemudian dipotong-poton. Lalu direbus, hingga empuk. Haluskan bumbu-bumbu seperti; bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kemiri. 

Bumbu yang sudah dihaluskan tadi, ditumis bersamaan dengan kelapa parut, hingga wangi dan warnanya berubah agak sedikit kecoklatan. 

Sisihkan sebagian bumbu kelapa, untuk ditumis bersama dengan nasi sebagai pelengkap. Langkah selanjtutnya, masukkan daging yang sudah direbus ke dalam bumbu kelapa, hingga meresap ke dalam daging. 


Setelah matang, sisihkan dan tusuk daging iga kambing menggunakan tusuk bambu. Lalu panggang di atas pan, hingga warnanya berubah menjadi coklat gelap dan mengeluarkan aroma bakaran yang nikmat. 

Berikutnya, sisa bumbu kelapa tadi ditumis bersama dengan nasi, hingga aroma dan teksturnya seperti menjadi nasi goreng. 

Untuk membuat saus kacangnya dengan cara menghaluskan kacang tanah, cabe rawit, cabe merah besar, bawang merah dan bawang putih. 

Saus kacang yang sudah halus, ditumis di wajan, hingga harum dan kecoklatan. Setelah semua bahan makanan matang, makanan sudah siap untuk ditata dengan cantik di atas piring. 

Sebagai tambahan taburkan keju mozarella dan aneka sayuran serta acar sembagai pelengkap. 

Keju mozarella yang sudah ditabur, kemudian dibakar menggunakan bakaran “torch”, hingga teksturnya meleleh dan warnanya sedikit coklat. 

Lamb Ribs Skewer with Rock Peanut Sauce siap disajikan dan dinikmati sebagai sajian istimewa di Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. 

“Proses membuatnya pun terbilang cukup mudah sehingga dapat dipraktekkan di rumah sebagai referensi olahan menu kambing yang berbeda dari yang sudah sering dimasak," ujar Sukismanto selaku Executive Chef Luminor Hotel Jemursari Surabaya.

"Menu kambing yang sering diolah menggunakan santan dan berkuah, kali ini, kami kreasikan dengan proses memasak dan penyajian yang sedikit berbeda," imbuhnya.

"Tentunya dengan cita rasa yang khas dari bumbu rempah-rempah Indonesia pilihan, dan sebagai kreasi baru penambah tekstur serta cita rasa dengan menambahkan keju mozarella yang sudah dilelehkan. Menu olahan kambing ala Hotel namun bisa dinikmati oleh keluarga di rumah," pungkasnya.

Luminor Hotel Jemursari Surabaya juga akan menyuguhkan hidangan kreasi tersebut pada tanggal 29 Juni 2023 di Breakfast Rice & Shine mulai dari pukul 06.00 – 10.00 WIB.

Tamu dapat menikmati beragam sajian menu makan pagi ala Western hingga Tradisional. Menu lengkap dengan andalan Lamb Ribs with Rock Peanut Sauce dengan harga hanya Rp. 105.000 nett per orang. 

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di instagram @luminorhoteljemursari atau melalui WA di nomor 08113194488. 

0 komentar:

Posting Komentar