Jumat, 29 September 2023

Novi Basuki Ajak Kawula Muda Belajar Bahasa Mandarin di Era Modern


Bahasa Mandarin merupakan bahasa Internasional ke dua setelah bahasa Inggris. Berdasarkan data UNESCO yang dirilis pada 2008, menyatakan bahwa bahasa Mandarin paling banyak digunakan di seluruh dunia, lebih dari satu miliar orang.

Novi Basuki pun mengungkapkan perlunya belajar Bahasa Mandarin saat mengisi acara pelantikan pengurus dan perayaan Tjong Chiu Pia yang dihelat Perkumpulan Marga Ku Surabaya Jatim, di Bima Restaurant Surabaya, tepat pukul 11 siang hingga selesai, pada Kamis 28 September 2023.

Novi mengungkapkan muda mudi Tionghoa lebih menyukai bahasa Jepang, Korea dan Inggris dibanding bahasa Mandarin yang dirasa sulit. Padahal mereka seharusnya belajar bahasa Mandarin, karena sebagai identitas. 



"Sekarang belajar bahasa Mandarin sudah banyak diajarkan di internet, sekolah, kursus, jadi tidak ada alasan mengatakan sulit," ujarnya. 

Bahkan, Novi pun mengungkapkan memiliki anak balita yang dibiasakan berbicara bahasa Mandarin dalam keseharian. 

Novi berujar bahwa Bahasa Mandarin penting, seiring dengan kemajuan Tiongkok saat ini. Ia berharap muda mudi Tionghoa bisa berbahasa Mandarin, karena sebagai identitas.

Sekadar diketahui Novi Basuki adalah seorang penulis, peneliti, dan pakar Islam di Tiongkok, juga dikenal dengan nama Wang Xiaoming (王小明). 

Novi Basuki pemuda kelahiran Situbondo merupakan lulusan S1, S2, dan S3 di Tiongkok yang memfokuskan perhatiannya pada politik, agama, sejarah, dan hubungan luar negeri Republik Rakyat Tiongkok dengan Indonesia.

Sindodinata Koeswandi (古燊连) selaku Ketua Perkumpulan Marga Ku Surabaya Jatim (东爪哇泗水古氏宗亲会) Periode II yang memang sengaja mengundang Novi Basuki untuk memaparkan pengetahuannya tentang bahasa Mandarin dan kemajuan Tiongkok saat ini.

Sindodinata pun memberikan buket bunga kepada Novi Basuki sebagai ucapan terimakasihnya. 

0 komentar:

Posting Komentar