Selasa, 21 Juni 2022

SD Al Falah Gelar Al Falah Carnival Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Murid



Pendidikan merupakan pintu gerbang utama generasi penerus bangsa yang unggul, berkarakter, dan berakhlak mulia. Kewirausahaan salah satu alternatif mengembangkan potensi anak.

SD Al Falah menggelar Al Falah Carnival yakni kegiatan bazar dengan tagline 'Membentuk Junior Entrepreneur yang ASIK (Amanah, Syariah, Inovatif,  Kreatif) dan Bermakna'. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 7 pagi, di halaman sekolah, pada 21 Juni 2022. 

Kegiatan diikuti siswa kelas 2 hingga kelas 6 ini bertujuan menumbuhkan jiwa berwirausaha yang baik berlandaskan Al Qur'an dan Hadits, sehingga kreatifitas anak tidak menanggalkan nilai-nilai keislaman.

Melalui program kegiatan bazar di sekolah diharapkan anak mampu bertindak cerdas, aktif, kreatif, inovatif, dan gotong royong dalam menebar kebaikan dan kebermanfaatan bagi orang lain dalam bentuk produk-produk halal. 



Siti Maryam Waka Kesiswaan dan Humas SD Al Falah Surabaya menjelaskan bahwa kegiatan ini rutin setiap tahun diselenggarakan merupakan class meeting dan menunggu penerimaan Rapor.

"Kegiatan Carnival SD Al Falah ini sudah kami lakukan secara kontinyu setiap tahun. Dimana anak anak kita berikan kesempatan belajar entrepreneur dengan tujuan anak anak memiliki bekal untuk menjadi entrepreneur yang baik dan sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah. Termasuk dari jargon kita yaitu 'ASIK' dimana anak anak bisa mengeksplorasi diri dalam kegiatan ini," terang Siti Maryam.

Masih penjelasan Siti Maryam, bahwa dalam kegiatan ini tak hanya bazzar saja, tapi juga ada wahana permainan di Taman Bermain, sehingga anak anak memiliki pengalaman lebih inovatif dan kreatif. 

Dalam wahana permainan ada banyak pilihan untuk anak anak, seperti melempar bola, foto booth, memancing, memanah dan sebagainya. Anak anak nampak riang gembira bermain di beberapa wahana tersebut.

Demikian suasana bazzar, anak anak ada bertindak sebagai penjual dan pembeli dengan didampingi para guru. Harga makanan yang dijual pun terbilang murah meriah terjangkau anak anak. Suasana pun sangat ramai.

"Kami memberikan edukasi untuk makanan yang dijual harus sehat. Juga adanya makanan tradisional agar tetap bisa menghargai makanan tradisional," tutur Humas SD Al Falah.

Uniknya pula yang menjadi host salah satu anak pemenang lomba host cilik. Dalam acara tersebut diumumkan pemenang lomba yang diadakan pihak sekolah selama 2 pekan.

Yakni; lomba mewarna, lari rukun Islam, menulis rapi, lomba bakiak beregu, estafet bola atau bola bergulir, bola tangan, futsal, cerdas cermat, lomba berhitung cepat, rumah perkalian, lomba sholat berjamaah, gobak sodor dan Host Cilik (pembawa acara cilik). (Red)

0 komentar:

Posting Komentar