Kamis, 11 Agustus 2022

Xiang You Hui Gelar Sembahyang Ulambana Doakan Leluhur & Keluarga yang Telah Tiada



Pengurus Xiang You Hui 泗水香友会玄天上帝庙 menggelar upacara sembahyang Pelimpahan Jasa atau Ulambana, Chao Du, Zhong Yuan Jie [中元节], yang diperingati setiap bulan 7 lunar. 

Pada Bulan Bhakti Leluhur ini merupakan bulan penuh berkah sebagai momen yang indah mengenang, menunjukkan kasih sayang, penghormatan kepada leluhur dan keluarga yang telah meninggal.





Upacara sembahyang Ulambana (yu lan pen hui) di Xiang You Hui dilakukan mulai pukul 8 pagi hingga jam 4 sore, Minggu 7 Agustus 2022.

Budhi Tanuwijaya 陈昌义 Ketua Xiang You Hui mengatakan upacara ini diikuti para pengurus, anggota maupun simpatisan. 

"Sembahyang yang dilakukan setiap tahun ini mendoakan arwah para leluhur dan keluarga yang mendahului kita, agar mereka berbahagia di alam semesta sana," terang Budhi Tanuwijaya didampingi pengurus Agus Kuarso (wakil ketua), Hadi Surjono 蒋福家 (Sekretaris), Titin Herlina 柯淑珍 (Bendahara), dan Ling Ling (Seksi Wanita).

Pada puncak sembahyang Ulambana dilakukan pembakaran replika kapal atau perahu yang terbuat dari kertas untuk mengantar roh para leluhur serta keluarga Tionghoa yang telah meninggal ke surga, juga memberi keselamatan dan mendatangkan keberuntungan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Pembakaran perahu dipimpin langsung Budhi Tanuwijaya diikuti para pengurus dan anggota, tepat pukul 4 sore di halaman depan Xiang You Hui. Perahu pun terbakar dengan cepat diiringi dengan doa yang baik dari seluruh keluarga. (Red)

0 komentar:

Posting Komentar