Sabtu, 10 September 2022

Guyub, Perkumpulan Sosial KSHK Gelar Sembahyang Bersama Rayakan Mooncake Festival



Perkumpulan Sosial Karya Surya Harapan Kesejahteraan (KSHK) atau Kong Siauw Hwee Kwan yang diketuai oleh Tirto Santoso, melaksanakan sembahyang dalam rangka merayakan Festival Kue Bulan, tepat pukul 10 siang, pada 9 September 2022.

Sembahyang bersama dipimpin Lay Willian Hartono pengurus Seksi Bidang Sosial, diikuti para pengurus dan anggota, digelar di aula lantai dua Gedung KSHK, Jalan Bongkaran No 63, Surabaya. 




Usai sembahyang bersama, pengurus membagikan kue bulan kepada anggota. Mereka menikmati bersama di ruang karaoke. Siang itu, para pengurus juga menyanyi karaoke secara bergantian untuk memeriahkan acara.

Salah satu pengurus, Dewi Setiawati mengungkapkan bahwa Perkumpulan Sosial KSHK telah berusia 120 tahun dan tetap eksis menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial.

"Semua tradisi kami laksanakan seperti sembahyang tiong chiu pia, sembahyang bakcangan dan sebagainya," jelas Dewi yang berharap pada festival kue bulan ini banyak keluarga yang utuh dan berkumpul merayakannya.

Adapun pengurus yang hadir dalam kegiatan peringatan Mooncake Festival di antaranya; Hugeng, dr. Rudy Haryono, Meiyen, Alice, Alam dan anggota lain.

Mooncake festival jatuh pada Sabtu 10 September 2022 dan menjadi tradisi bagi warga Tionghoa untuk merayakannya. Kue bulan merupakan penganan tradisional masyarakat Tionghoa yang disajikan setiap tahun pada perayaan Festival Musim Gugur.

Konon kue bulan populer pada zaman Dinasti Ming. Namun jauh sebelumnya telah dikenal pada masa Dinasti Song. Awalnya, kue bulan untuk persembahan dan penghormatan kepada leluhur di musim gugur.

Seiring dengan perkembangan zaman, kue bulan menjadi makanan hadiah pada perayaan festival musim gugur. Bahkan kue bulan tradisional berbentuk bulat, melambangkan kebulatan keutuhan. Kemudian berkembang dengan bentuk lain menambah variasi komersialisasi kue bulan. 

0 komentar:

Posting Komentar