Sabtu, 26 November 2022

4 Lions Club Surabaya - Yayasan Lima Bakti Gelar Baksos Pemeriksaan dan Pemberian Kacamata Gratis di Sentra Ikan Bulak


LCS Kharisma, LCS Pahlawan, LCS Pertiwi, LCS Sejahtera, dan Yayasan Lima Bakti menggelar baksos Pemeriksaan dan Pemberian Kacamata Gratis di Sentra Ikan Bulak, tepat pukul 8 pagi, Sabtu 26 November 2022.

Para pelajar SD dan SMP baik sekolah negeri maupun swasta  dengan tertib diantar para guru melakukan pendaftaran kepada panitia.




Kemudian mereka menjalani pemeriksaan mata dengan alat tes mata yang tertera di dinding. Sebagian anak ada yang diperiksa dengan menggunakan komputer optik yang mengukur kornea secara otomatis untuk mendapatkan resep kacamata.

Anak anak ini pun pulangnya mendapatkan makan siang dan goodie bag dari panitia. Jasmine siswi kelas 4 SDN Komplek Kenjeran mengucapkan terima kasih kepada panitia karena ia telah melakukan pemeriksaan mata dan mendapatkan kacamata gratis. 

Namun sebelumnya, acara dibuka dengan doa yang dipimpin pembawa acara Eddy Tanjung. Setelah sambutan-sambutan, pihak panitia kegiatan memberikan penghargaan kepada Camat Bulak dan petugas pemeriksa mata.

Listya Sariwiratama PO baksos menginformasikan bahwa pemeriksaan mata dilakukan 6 petugas dari klinik mata. 

"Lions Club setiap tahun memiliki program pemeriksaan mata sekaligus memberikan kacamata gratis. Kita dapat dukungan dari Lions Clubs Internasional dan kami harus mencari sasaran ke daerah daerah atau sekolah sekolah anak anak yang membutuhkan," terang Listya.

"Dalam kegiatan ini Pak Camat yang mengkoordinasi sekolah-sekolah dan dapat 219 anak. Sebetulnya masih lebih anak yang membutuhkan kacamata, sayangnya kuota kami sudah penuh. Karena di lain daerah juga membutuhkan. Nanti tanggal 3 kegiatan serupa diselenggarakan di Masjid Cheng Hoo Surabaya dengan 90 kuota," imbuh Listya yang mengucapkan selamat Hari Guru Nasional.

Ketua Daerah 4B, Juliawati Gono, menyampaikan 5 Program Utama Lions Club International, yakni; Lingkungan Hidup, Mata, Kanker, Hunger dan Diabetes. 

Juliawati meminta para pelajar agar selalu menjaga kesehatan mata, karena mencerdaskan bangsa. "Kalau mata bermasalah, adik adik tidak bisa belajar dengan baik," ujarnya.

Juliawati juga mengucapkan terima kasih kepada Camat Bulak dan jajarannya, PO Listya dari LCS Pertiwi,  LCS Kharisma, LCS Pahlawan, LCS Pertiwi, LCS Sejahtera, dan Yayasan Lima Bakti atas terselenggaranya baksos.

Sementara itu Camat Bulak Bambang Udi Ukoro mengungkapkan bahwa pendataan para siswa SD SMP penerima kacamata gratis melibatkan pihak sekolah, kelurahan-kelurahan di wilayah Kecamatan Bulak, dan Puskesmas Bulak. 

"Anak anak ini dipastikan membutuhkan bantuan kacamata dari pemeriksaan awal, kemudian kita himpun melalui sekolah," tegas Bambang.

Camat Bulak pun mengucapkan terima kasih kepada 4 Lions Club Surabaya dan Yayasan Lima Bakti dengan menggelar baksos Pemeriksaan dan Pemberian Kacamata Gratis di wilayahnya. Ia berharap kegiatan baksos dapat berkelanjutan. 

Bambang yang baru menjabat sebagai Camat Bulak (sebelumnya menjabat Camat Asemrowo), mengungkapkan di Kecamatan Bulak banyak sekali sarana dan prasarana yang dibangun oleh Pemerintah Kota Surabaya.

"Berbeda dengan Kecamatan Asemrowo yang banyak pergudangan dan fasilitas Pemkot hampir tidak ada, sehingga kami harus mencari. Kami lantas mengangkat destinasi wisata Sontoh Laut dan beberapa kampung yang kami angkat untuk dikenalkan kepada warga Surabaya," terang Bambang.

Adapun sarana dan prasarana di Kecamatan Bulak, yakni; Sentra Ikan Bulak tempat transaksi jual beli hasil laut, shelter lahan parkir Dinas Perhubungan, dan masih dalam tahap pembangunan yakni sentra kuliner.

Bambang juga menunjukkan bahwa di depan Sentra Ikan Bulak dibangun Patung Suro dan Boyo yang akan dibuat seperti Romo Kalisari Adventure. Juga ada Taman Hiburan Pantai Kenjeran, Kenpark dan Jembatan Suroboyo yang kesemuanya termasuk dalam wilayah Kecamatan Bulak.

"Kemarin pada tanggal 20 November 2022, kami melakukan kegiatan di wisata sejarah yakni Benteng Kedung Cowek dengan diikuti 2000 peserta komunitas warga yang kami hadirkan, tak hanya dari Surabaya saja tapi datang dari Jateng, Jakarta dan Bali yang meramaikan acara konvoi juang dan drama kolosal perebutan Benteng Kedung Cowek," imbuh Bambang.

Bambang menyampaikan warga pesisir di 3 kelurahan Kecamatan Bulak masih membutuhkan bantuan. "Kami atas nama warga Bulak mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasamanya," pungkas Camat Bambang Udi Ukoro. 

0 komentar:

Posting Komentar