Kamis, 24 November 2022

Perkumpulan Adi Husada Rayakan HUT ke-95, Gelar Seminar Kesehatan, Donor Darah dan Bagi Sembako


Dalam rangka memperingati HUT ke-95, Perkumpulan Adi Husada menggelar bermacam kegiatan sosial selama bulan November. Di antaranya, kegiatan seminar kesehatan lansia, donor darah dan pembagian sembako untuk warga pra sejahtera.

Seminar Kesehatan mengusung tema “Sehat dan Bahagia di Usia Lanjut” diikuti puluhan peserta. Menghadirkan pembicara; dr. Budi Herliato, Sp.PD, dr. Untung Kus Harianto,Sp.N. dan dr. Danny Sentosa, dengan moderator dr Leonny Charisso, 

Seminar digelar di Ruang Pertemuan, Lantai 4, RS Adi Husada Kapasari Surabaya, pukul 10.00 - 12.30 WIB, pada Sabtu, 12 November 2022.

Dalam acara tersebut, RS Adi Husada Kapasari bekerjasama dengan para rekanan menyediakan pemeriksaan Gula Darah Acak dan Massa serta Kepadatan Tulang gratis bagi para peserta lansia yang hadir. Panitia juga membagikan voucher pemeriksaan bagi pemenang doorprize di akhir acara.

Direktur RS Adi Husada Kapasari dr. Hermanto Wijaya, MARS., M.H. berharap di usia 95 tahun RS Adi Husada makin memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

dr. Budi Herliato, Sp.PD. selaku pembicara seminar mengatakan menjadi Lansia yang Sukses, bukan tentang seberapa banyak harta yang dipunyai, namun seberapa sehat untuk bisa menikmati hari tua bersama keluarga.





Menjadi Lansia yang sukses mampu menghindari penyakit dan disabilitas, memiliki kognitif yang baik, aktif secara fisik dan sosialisasi serta secara psikologis mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan.

Sementara itu, dr Untung Kus Harianto,Sp.N. mengatakan penurunan daya ingat, kesulitan memahami pembicaraan/buku/film, kesulitan menyelesaikan tugas atau terburu-buru bertindak.

Karena kemampuan penilaian yang turun merupakan tanda-tanda gangguan fungsi kognitif yang umum dijumpai sehari-hari, namun terabaikan atau dianggap remeh. Padahal berkaitan erat dengan fungsi gerak tubuh dan psikologis lansia agar terhindar dari gangguan fungsi memori.

“Gerakan Brain Gym® merupakan salah satu aktivitas sederhana yang dapat mencegah penurunan fungsi otak” ucap dr. Danny Sentosa, licensed *Brain Gym® Instructor. 

Melalui Brain Gym®, dapat menstimulasi otak, meningkatkan kemampuan belajar hal hal yang baru yang dapat menghambat terjadikan kepikunan, meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi stress dan memperbaiki kualitas hidup.

Ketiga narasumber tersebut merupakan dokter yang ahli di bidangnya masing-masing dan berpraktek di RS Adi Husada Kapasari. 

Selanjutnya kegiatan donor darah sebagai bentuk kepedulian dan sukarela dalam membantu sesama dilaksanakan pada 16 November 2022.

Peserta donor darah adalah karyawan RS. Adi Husada Undaan Wetan, RS. Adi Husada Kapasari dan STIKES Adi Husada beserta Mahasiswa STIKES Adi Husada dan pengunjung Rumah Sakit.

Kegiatan selanjutnya pembagian sembako yang dilaksanakan di halaman RS Adi Husada Undaan Wetan, pukul 9 pagi, pada 18 November 2022. 

Soedomo Mergonoto Ketua Perkumpulan Adi Husada menyerahkan secara simbolis kepada salah satu warga.

Soedomo Mergonoto mengatakan kegiatan baksos dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Soedomo Mergonoto mengungkapkan bahwa pengurus maupun pendiri yayasan tidak menerima keuntungan dan tidak digaji. 

"Kami di sini bekerja untuk kesehatan masyarakat agar selalu sehat," ucap Soedomo Mergonoto didampingi dr Edwin Ongkorahardjo, Sp.U, MARS
Direktur Utama RS Adi Husada Undaan Wetan, dan jajarannya.

dr. Candy Laurenz., Sp.S., QIA., MMKes, MH, Direktur Umum RS Adi Husada Undaan Wetan mengatakan sebanyak 95 paket sembako khusus dibagikan untuk masyarakat sekitar RS Adi Husada Undaan Wetan. Satu paket berisi; beras, mie instan, kopi, tisu, minyak goreng, gula dan biskuit.

"Total sebanyak 200 paket sembako yang dibagikan untuk warga pra sejahtera di sekitar RS Adi Husada Undaan Wetan, RS Adi Husada Kapasari dan STIKES Adi Husada," imbuh dr Candy di sela kegiatan.

Masih penjelasan dr Candy, bahwa kegiatan ini merupakan CSR Adi Husada untuk mendekatkan Rumah Sakit dengan masyarakat. 

"Harapannya masyarakat semakin mengenal lebih dekat dengan RS Adi Husada," tutur dr Candy yang berharap di usia 95 tahun Adi Husada semakin baik, maju dalam pelayanan, berfasilitas lengkap, dan dicintai masyarakat. 

0 komentar:

Posting Komentar