Minggu, 13 November 2022

Tari Kolosal Ngoyek Kupang Ditarikan Ribuan Siswa SMPN 2 Candi Pecahkan Rekor MURI



Tari kolosal ngoyek kupang yang diikuti 1.190 siswa siswi SMPN 2 Candi berhasil pecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia), Sabtu 12 November 2022.

Rekor itu resmi tercatat di MURI yang ke 10.679. Piagam rekor Muri diserahkan Sri Widayati mewakili Muri kepada Kepala Sekolah SMPN 2 Candi Al Hadi selaku penyelenggara, serta kepada Ayu Nyoman Mujiwati selaku pencipta tari ngoyek kupang yang juga guru seni budaya di sekolah.

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP serta Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa'adah Ahmad Muhdlor menyaksikan penyerahan piagam MURI.

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor mengaku bangga atas capaian prestasi tersebut. Menurutnya lewat tari ngoyek kupang semakin mengenalkan Kabupaten Sidoarjo akan potensi khasnya yakni makanan kupang.

Selain itu, menguatkan kearifan lokal Sidoarjo. Bupati mengatakan kearifan lokal atau local wisdom harus terus dijaga. 

Salah satunya dengan kegiatan yang dapat mengangkat dan mengingatkan kembali kearifan lokal Sidoarjo.

"Ini juga menjadi pembelajaran penting bagi generasi untuk tidak lupa sejarah dan mencintai daerahnya," ucapnya.

Dikatakannya kecintaan kepada daerah harus ada pada diri masyarakat Sidoarjo. Dengan kecintaan itu, ia yakin pembangunan akan semakin maju. 

Pasalnya sumbangsih bagi
pembangunan dilakukan dengan hati. "Semakin cinta generasi muda kepada daerahnya, maka semakin besar kemajuan daerahnya, sehingga semakin besar kemajuan di daerah itu, karena semua bekerja dengan hati," ujarnya.

Sri Widayati mengatakan pihak Muri mengapresiasi kegiatan di bidang seni budaya seperti ini. Apalagi kegiatan tersebut mengangkat kearifan lokal. 

Tercatat 1190 peserta tari dari siswa siswi dan alumni SMPN 2 Candi serta orang tua wali murid yang ikut.

"Sebuah kebanggaan tersendiri guru seni budaya SMPN 2 Candi dapat menciptakan tari ngoyek kupang seperti ini, harapan kami ide dan kreatifitas ini bisa menjadi contoh para guru yang ada di Kabupaten Sidoarjo," ujarnya.

Sri Widayati juga mengatakan rekor kali ini tidak hanya tercatat sebagai rekor nasional. Namun juga sebagai rekor dunia. Rekor tari kolosal.

0 komentar:

Posting Komentar