Minggu, 11 Juni 2023

KA Pandalungan Rute Jember-Jakarta Resmi Beroperasi




Sejak 2022, KAI melakukan pembenahan besar-besaran, terutama fasilitas infrastruktur, sehingga berdampak pada kenyamanan penumpang dan percepatan waktu tempuh lokomotif. 

Termasuk KA Pandalungan Relasi Jember-Jakarta yang resmi beroperasi pada tepat pada Hari Lahir Pancasila, 01 Juni 2023.

Bupati Jember Hendy Siswanto, Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman, Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa serta jajaran Forkopimda Jember secara bersamaan memotong pita, tanda dioperasikannya Kereta Api Pandalungan relasi Jember-Jakarta.

Peresmian dioperasikannya KA. Pandalungan untuk pertama kalinya tersebut berlangsung di Stasiun Jember.

Bupati Jember Hendy Siswanto menyambut baik adanya KA. Pandalungan dengan relasi Jember langsung ke Jakarta, dan sebaliknya tersebut. 

Ia menyebut KA. Pandalungan sebagai lokomotif kemakmuran masyarakat Kabupaten Jember.

“Dengan adanya KA. Pandalungan ini, warga kami bisa dengan mudah ke Jakarta, dan saya katakan ini lokomotif kemakmuran Jember, sebab dengan adanya sarana transportasi ini," ujar Bupati Jember.

"Warga kami yang mempunyai jaringan bisnis dengan wilayah ibukota itu dimudahkan, pun demikian, orang Jakarta dapat dengan mudah datang ke Jember, yang kemudian dapat meningkatkan perekonomian warga kami, banyak wisatawan juga mudah ke Jember, paket lengkap,” imbuhnya.

Bupati Hendy juga menyinggung jam operasional KA Pandalungan yang menurutnya waktu spesial.

“Waktunya juga istimewa, berangkat sore dari Jember sampai pagi di Gambir Jakarta, jadi kalau punya bisnis tidak perlu lama-lama, tidak perlu menginap, cukup tidur di atas kereta,” terang Hendy.

Sementara itu, Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa mengatakan, KAI terus berupaya meningkatkan kualitas dan kenyamanan layanan transportasi kereta api. Termasuk hari ini, KAI menambah kereta api baru yaitu KA. Pandalungan.

“Kami memberikan opsi lain kepada masyarakat Jember untuk bisa mengakses ibukota Jakarta, monasnya langsung tanpa pemberhentian-pemberhentian stasiun selanjutnya,” kata Hadis Saputra Palapa.

Hadis berharap KA Pandalungan ini menjadi kereta api favorit pilihan masyarakat Jember. 

0 komentar:

Posting Komentar