Jumat, 23 Februari 2024

Yayasan Senopati dan ITC Mega Grosir Surabaya Wadahi Penghobi Catur & Xiangqi


Yayasan Senopati bersama ITC Mega Grosir mewadahi para penghobi catur dan Xiangqi atau lebih dikenal catur gajah mengasah kemampuan setiap Sabtu, Minggu dan hari libur.

Hal ini diungkap Chandra Wurianto Woo Ketua Yayasan Senopati saat melihat para lansia berlatih tanding di Food court ITC Surabaya lantai 3, pukul 1 siang, Minggu 18 Februari 2024.

Lebih lanjut, Chandra Wurianto Woo mengatakan ITC dan Senopati mewadahi para pecatur ini sudah berlangsung puluhan tahun.




"Saat terjadi pandemi Covid, sempat terhenti. Setelah itu, kegiatan ini berjalan kembali. Para orang tua penghobi catur, kembali bermain di ITC. Tentunya kami berharap olahraga catur jangan sampai hilang di masyarakat. Kami juga telah mengajarkan Catur Xiangqi ke sekolah sekolah," pungkas Chandra Wurianto Woo.

Kegiatan siang itu disyuting TVRI untuk disiarkan secara nasional pada acara perayaan Imlek, pada tanggal 13 Maret 2024 mendatang.

Para orang tua yang bermain catur, terlihat sangat senang dan menikmati pertandingan bersama rekan sejawat. Chandra Wurianto Woo pun mengenalkan salah satu pecatur yang berusia 91 tapi masih giat berlatih. 

Olahraga catur memang sangat baik dimainkan para orang tua, karena bermanfaat untuk kesehatan otak, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, menurunkan risiko pikun, melatih strategi, membaca cara berpikir orang lain, dan memperpanjang usia.

Sekedar diketahui, Xiangqi adalah permainan papan stratagi dari Tiongkok. Seperti halnya catur, Xiangqi juga dimainkan dua orang. 

Xiangqi berarti "catur gajah". Nama ini berasal dari salah satu buah catur xiang (gajah) yang dimainkan di atas papan. Permainan ini menggunakan biji-biji pipih melingkar dengan tulisan bahasa Mandarin di atasnya.

Pada kesempatan itu, Hok Cuan selaku pengurus kegiatan bersama anggotanya mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2575.

"Selamat Tahun Baru Imlek 2024. Semoga membawa kebahagiaan, kesehatan, keberuntungan, kemakmuran yang berlimpah bagi kita semua dan keluarga," ucapnya. 

0 komentar:

Posting Komentar