Senin, 20 April 2020

5.000 Paket Sembako Tahap Awal di Surabaya Disalurkan PITI Jatim - YHMCHI Peduli Pandemi Covid-19


Banyak warga terdampak akibat pandemi Covid-19 berkepanjangan, maka Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jatim, Yayayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI) bersama Paguyuban Masyararakat Tionghoa Surabaya (PMTS) dan PWNU Jatim, Klenteng Boen Bio Kapasan Surabaya, Baksos'e Surabaya, Ling Tien Kung koordinator Toni Liono, Ansor, Banser NU dan Polsek Genteng, berinisiasi membagikan sembako.

Pembagian sembako secara simbolis dilakukan pada  Minggu (19/4/2020) di halaman Masjid Cheng Hoo yang mengajak masyarakat Surabaya Bergotong Royong' membantu masyarakat yang terdampak virus Covid-19. 

H. Abdullah Nurawi Ketua YHMCHI berharap kegiatan mulia tersebut dapat membantu masyarakat Surabaya yang terdampak penyebaran Covid-19. Pada tahap awal didistribusikan 5.000 paket sembako kepada masyarakat.

Setiap paket sembako berisi 5 kg beras, minyak goreng 1 It, mie instan, 5 bungkus dan masker kain. Paket sembako diberikan kepada masyarakat terdampak covid-19 yang telah didata dan disurvei panitia, agar diterima yang berhak dan
membutuhkan. 

Ketua YHMCHI serahkan paket sembako

Panitia juga melakukan kerjasama dengan perangkat kampung di sejumlah daerah di Surabaya seperti, RT dan RW hingga kelurahan dengan harapan panitia mendapatkan akurasi data yang benar. 

"Paket sembako diserahkan secara door to door. Setelah penyerahan sembako tahap pertama dilaksanakan, insyaaAllah ada pembagian sembako tahap selanjutnya," imbuh Ketua YHMCHI.

Para relawan yang berjumlah sekitar 50 orang ditambah dengan panitia pelaksana
pembagian sembako dalam melaksakan tugas pembagian mengacu kepada SOP atau standarisasi kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Yakni melalui pengecekan suhu badan, memakai
masker, sarung tangan, penutup wajah atau face shield, hand sanitizer serta tetap menjaga jarak fisik. 

"Pelaksanaan standar kesehatan saat pembagian sembako diutamakan panitia, sehingga diharapkan tidak menimbukan ekses yang tidak diharapkan," terang Achamd Subiantoro ketua panitia.

Liem Ou Yen serahkan sembako

Ketua Koordinator Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya Liem Ou Yen mengungkapkan program dari paguyuban membagikan 4 paket sembako secara bertahap dan memberi bantuan peralatan medis kepada RSUD Dr Soetomo serta RS Airlangga yang menangani pasien Covid-19. Alim Markus pun telah berkunjung ke RSUD Dr Soetomo beberapa hari sebelumnya.

Bambang Udi Ukoro Ketua Baksos'e Surabaya yang bertindak turut mengkoordinasi pembagian paket sembako di lapangan menjelaskan akan membagi ke warga yang terdampak di 31 kecamatan Surabaya.

Acara diakhiri dengan doa dipimpin Ustad Hasan Basri yang berharap pandemi segera berakhir dan diberikan limpahan rejeki serta panjang usia para donatur yang mulia.


0 komentar:

Posting Komentar