Jumat, 04 Februari 2022

Uniknya Batik Biduan dan Durian Saman dari Desa Plangkrongan Magetan



Desa Plangkrongan bersuasana sejuk ini terletak di ujung timur Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan memiliki potensi menarik yakni durian Saman dan Batik Biduan yanh dikelola BUMDES Mugi Rahayu.

Durian Saman adalah durian yang dimiliki Mbah Saman, sehingga dinamakan durian Saman. Beberapa tahun terakhir, durian ini dikembangkan ahli durian Desa Plangkrongan. Sehingga bisa dikembangkan, baik dengan cara stek maupun batang bawah besar untuk mempercepat produksi durian.

Wawan Setiyo Budi Kepala Desa Plangkrongan menjelaskan terdapat potensi lokal desa yang saat ini terus dikembangkan agar ke depan bisa menjadi sarana peningkatan kesejahteraan warga desa. (Rabu 2/2/2022).

"Durian Saman ini memiliki rasa yang sangat enak, tekstur yang lembut dengan aroma yang tidak terlalu menyengat dan biji yang tidak terlalu besar. Berat buah rata rata 3-4 kg saja. Dan karena tingginya animo masyarakat akan durian saman ini pembeli biasanya inden dulu agar tidak kehabisan," jelas Budi.

Ketua Unit Usaha Batik Bumdes Mugi Rahayu, Rina, menjelaskan Batik Biduan merupakan singkatan dari Batik Durian Plangkrongan. 

Beranggotakan 8 ibu rumah tangga, usaha ini baru berusia satu minggu, namun pesanan batik terus mengalir dan bisa menambah pendapatan bagi para ibu yang ikut dalam produksi batik Biduan ini. 

Bagi yang pesan bisa menghubungi WA
085233103382, promosi Rina. "Selain itu juga bisa langsung di rumah produksi kami di kantor desa Plangkrongan. Untuk rentang harga mulai Rp175 ribu sampai Rp 225 ribu," jelasnya.(red)

0 komentar:

Posting Komentar