Selasa, 22 Maret 2022

Penggemar Olahraga Tai Ji Quan Sambut Positif, Peluncuran Buku 'Pelatih Tai Ji Quan Yang Handal' Karya Adi Setiago Pembina ADYTI



Tanggapan positif dari semua penggemar olahraga Tai Ji Quan Jawa Timur terhadap peluncuran buku 'Pelatih Tai Ji Quan Yang Handal' yang ditulis Adi Setiago pembina Asosiasi Dong Yue Taiji Quan Indonesia (ADYTI) Pusat.

Laoshi Adi Setiago pelatih aktif Tai Ji Quan yang mendalami olahraga tersebut sejak 30 tahun lalu dan menjadi pelatih sejak 20 tahun lalu.

Selama pandemi melanda dunia, semua sasana tidak aktif, Laoshi Adi Setiago memilih menghabiskan waktu dengan berlatih Tai Ji Quan di rumah selama 2 jam dan menulis buku. 

Kini bukunya rampung dan diluncurkan di Sasana Trawas, berlanjut di Sasana Sri Sultan Prigen Pandaan. Kemudian di halaman Grand City Convex dihadiri pengurus dan anggota ADITY Jatim, ADITY Grand City, dan ADITY Surabaya, (21/3/22). 




Dalam acara peluncuran di Grand City Convex, dilakukan lelang 3 Buku 'Pelatih Tai Ji Quan Yang Handal' yang ditandatangani Adi Setiago dan hasilnya disumbangkan untuk kas ADYTI Jatim. 

Sebelum acara peluncuran buku, semua anggota melakukan latihan Tai Ji Quan. 

Adi Setiago mengatakan tujuan buku yang ditulisnya karena masyarakat Indonesia banyak yang menggemari Tai Ji Quan, namun kurang pelatih handal yang bisa menguasai teori dan praktek. 

"Pelatih mengajar dengan ikhlas, sehingga masyarakat penggemar Tai Ji Quan melakukan gerakan dengan baik dan benar. Olahraga ini untuk usia anak-anak hingga orang tua. Hobi Tai Ji Quan bisa mempunyai komunitas, sehingga tidak kesepian," ujar Adi Setiago.

Ang Meliana Adikoesoemo Ketua DPD ADYTI Jatim berharap buku yang ditulis Adi Setiago bermanfaat untuk para pelatih ADYTI. Juga mempersiapkan regenerasi para pelatih dan peraga khususnya di ADYTI Jatim. Sehingga olahraga Tai Ji Quan makin dikenal masyarakat.

Hal yang sama dikatakan Yohan Wangsa Wakil Ketua ADYTI Jatim yang mengapresiasi buku tersebut, karena bermanfaat bagi pelatih maupun masyarakat penggemar olahraga Tai Ji Quan. Yohan pun mengucapkan selamat dan sukses atas peluncuran buku 'Pelatih Tai Ji Quan Yang Handal'.

Pieko Njoto Setiadi pemenang lelang buku 'Pelatih Tai Ji Quan Yang Handal' mengatakan perlu membaca isi buku tersebut agar tidak salah dalam melakukan gerakan Tai Ji Quan.

Buku 'Pelatih Tai Ji Quan Yang Handal' mendapat apresiasi banyak pihak yang termuat dalam kata pengantar di halaman pembuka buku. 

Salah satunya dari Hayono Isman Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI). "Saya menyambut baik penulisan buku berjudul 'Pelatih Tai Ji Quan Yang Handal' ditulis Bapak Adi Setiago pembina ADYTI, yang mengupas tuntas dunia Tai Ji Quan," ujar mantan Menteri Pemuda dan Olahraga.

Wirawati Hartawan Ketua Umum ADYTI 2019-2024 mengaku sangat bangga dengan hadirnya buku yang sangat dibutuhkan sebagai pedoman para pelatih khususnya di ADYTI. Untuk menjadi pelatih yang handal sangat tidak mudah dibutuhkan waktu berbulan bulan bahkan bahkan sampai bertahun tahun untuk bisa melatih dengan sempurna. 

Demikian pula Ketua Perhimpunan Fujian Indonesia Didi Darwis yang mengatakan Guru Adi Setiago telah berlatih Tai Ji Quan selama hampir 30 tahun. Guru Adi Setiago juga telah menulis buku 'Pelatih Tai Ji Quan Yang Handal' yang akan manjadi peran positif dalam meningkatkan pembelajaran penggemar Tai Ji Quan dan menstandarisasi kode etik pelatih. (Red)

0 komentar:

Posting Komentar