Jumat, 10 Juni 2022

Tim Robotik Barunastra ITS Optimis Raih Juara IRC 2022 di Amerika Serikat



Barunastra ITS adalah tim robotik ITS yang berfokus pada pengembangan kapal robot autonomous atau ASV (Autonomous Surface Vehicle). 

Barunastra ITS akan berlaga pada ajang  IRC (International Roboboat Competition) 2022, pada 20-25 Juni 2022. 

Berbeda dari tahun sebelumnya, IRC tahun 2022 kembali diadakan secara luring di Florida, Amerika Serikat. 

Lomba ini diadakan oleh AUVSI (Association for Unmanned Vehicle Systems International) dengan tujuan untuk menemukan inovasi dan solusi dari tantangan yang dihadapi industri maritim modern saat ini.  

IRC 2022 ini bukan kali pertama Barunastra ITS berpartisipasi. Barunastra ITS telah berpartisipasi pada ajang IRC sejak tahun 2016 dan telah meraih banyak penghargaan selama keikutsertaannya. 

Pada 2018 dan 2019, Barunastra ITS berhasil menjadi juara umum IRC berturut-turut dan meraih titel back-to-back champions. 

Berkaca dari prestasi di tahun 2018 dan 2019, tim Barunastra optimis untuk kembali menjuarai IRC di tahun 2022 dengan kapal baru, yaitu Nala Theseus.

Nala Theseus merupakan kapal baru yang disiapkan oleh Barunastra ITS khusus untuk perlombaan IRC 2022 dengan panjang total kapal 0,88 meter dan lebar total kapal 0,72 meter. 

Lambung kapal ini dibuat dengan bahan material fiberglass atau serat kaca dan cukup kuat untuk melaksanakan semua misinya. 

Nala Theseus merupakan kapal Barunastra yang memiliki konsep berbeda dibandingkan kapal-kapal sebelumnya. 

Kapal ini didesain dengan konsep modular yang membagi kapal menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang disebut modul. 

Modul ini dapat dibuat, dimodifikasi, diganti, dan ditukar secara independen dengan modul lain. 

Konsep modular ini memberikan Nala Theseus keunggulan karena dapat dengan mudah dibongkar pasang selama proses pengiriman menuju lokasi lomba yang dibawa dari Indonesia ke Amerika Serikat. 

Ada banyak misi yang harus dilakukan oleh kapal Nala Theseus di ajang IRC 2022. Diantaranya, yaitu misi skeeball dan misi waterblast. 

Pada misi skeeball, Nala Theseus harus bisa melontarkan bola menuju target yang telah ditentukan. 

Sedangkan, pada misi waterblast, Nala Theseus harus bisa menyemprotkan air ke target yang telah ditentukan. 

Selain itu, Barunastra ITS juga membuat TDR (Technical Design Report) dan video Barunastra Competition Strategy yang telah dilakukan pada tahap awal perlombaan.

Barunastra ITS telah menyiapkan kapal ini selama 4 bulan sejak bulan Februari 2022. Pada bulan Februari, Tim Barunastra ITS mulai menyusun rencana, strategi, desain kapal, dan produksi lambung kapal. 

Pada bulan Maret, dimulailah perakitan lambung dan perakitan kelistrikan kapal serta pembangunan arena uji coba.

Bulan April, dilakukanlah uji coba kapal dan misinya. Dan pada bulan Mei, dilakukan penyusunan laporan berdasarkan data teknis, maupun non-teknis dari kapal Nala Theseus. 

Tidak mudah bagi Barunastra ITS untuk membangun kapal ini karena banyak tantangan yang harus dihadapi. 

Salah satu tantangannya, yaitu baterai kapal yang sempat mengalami korsleting yang menyebabkan baterai terbakar saat sedang melakukan pengisian daya. 

Hal ini tentunya menjadi pelajaran berharga bagi Barunastra ITS agar lebih berhati-hati lagi kedepannya. Untungnya, masalah ini dapat segera diatasi dan kapal dapat kembali digunakan.

Dari konsep baru dan keunggulan yang dimiliki oleh kapal Nala Theseus inilah, tim Barunastra ITS optimis untuk dapat kembali meraih kejuaraan di ajang IRC 2022. 

Seiring dengan doa, kerja keras, dan dukungan dari banyak pihak, Tim Barunastra ITS yakin dan percaya diri untuk bisa memberikan yang terbaik demi mengharumkan nama Barunastra, ITS, dan Indonesia tercinta.

0 komentar:

Posting Komentar