Rabu, 24 Mei 2023

Kuliner Khas Semarang Tahu Gimbal Disajikan Sejak Jaman Penjajah


Ke Semarang jangan lupa berkuliner. Banyak pilihan makanan yang tersedia dan khas seperti lumpia, garang asem, tahu gimbal, dan sebagainya.

Untuk mencari kuliner tahu gimbal, misalnya, tidaklah sulit karena banyak yang menjual.

Konon, makanan ini telah ada sejak jaman penjajahan. Satu porsi terdiri dari potongan tahu goreng, kol, taburan bawang goreng, udang gimbal berbalut tepung berukuran besar lalu disiram dengan saus kacang.

Salah satu yang cukup terkenal adalah Tahu Gimbal Lumayan Pak Man atau Tahu Gimbal Plampitan yang berdiri sejak tahun 1950-an dan sekarang dikelola generasi kedua.

Tahu Gimbal Lumayan yang terletak di JI. Plampitan, Bangunharjo, Semarang Tengah ini terkenal dengan sajian porsi besar. Buka dari jam 11 siang. Satu porsi dibandrol 22k, harga bisa berubah.

Menuju ke Jalan Plampitan Semarang cukup mudah, tidak jauh dari Hotel Plampitan, hanya 5 menit dari Simpang Lima. Bisa berjalan kaki, jika sedang berada di daerah Pecinan Semarang.

Sedangkan Tahu Gimbal Pak Eddy dibandrol 25k. Buka setiap hari. Sesudah makan tahu gimbal di sini bisa pesan es durian atau es campurnya. Berwisata ke Semarang wajib makan Tahu Gimbal yang lezat. 

0 komentar:

Posting Komentar