Jumat, 23 Juni 2023

Pengurus Perkumpulan Sosial KSHK Gelar Sembahyang Bakcang Peringati Leluhur


Festival Bakcang atau Hari Peh Cun diperingati setiap tanggal 5 bulan 5 dalam penanggalan Imlek. Perayaan Hari Bakcang 2023 jatuh pada Kamis, 22 Juni 2023. 

Penetapan Hari Bakcang atau Duan Wu Jie, disebut pula Festival Twan Yang, tidak lepas dari perayaan Peh Cun yang berkaitan dengan kisah legenda Qu Yuan. Bakcang berasal dari bahasa Hokkien yang muncul pertamakali pada masa Dinasti Zhou.

Bakcang adalah sajian khas berbahan dasar ketan yang berisi daging cincang merupakan makanan khas dan populer di masyarakat Tionghoa. 


Perkumpulan Sosial Karya Surya Harapan Kesejahteraan atau Kong Siauw Hwee Kwan (KSHK) 在廣肇会馆 yang merayakan festival bakcang, diawali dengan sembahyang bersama. Sembahyang dipimpin Wijoyo Atmojo diikuti seluruh pengurus.

Kegiatan dilaksanakan di Gedung KSHK, tepat pukul 11 siang, pada 22 Juni 2023. 

Chandra Wurianto Woo Ketua KSHK mengatakan tradisi bakcangan rutin digelar di perkumpulan KSHK, setiap tahunnya, sebagai penghormatan kepada leluhur.

Wijoyo Atmojo, MM., MH., berharap generasi meneruskan tradisi bakcangan dan mempelajari sejarahnya. 

"Anak anak muda kurang mengerti sejarah mengapa ada festival bakcang. Mereka hanya tahu makan bakcang," jelas Wijoyo Atmojo yang menerangkan bakcang dibuat dari beras ketan dengan isian daging, jamur, telur asin, dan sebagainya. Kemudian dibungkus dengan daun bambu, lalu dikukus.

"Bakcang isinya macam macam, sedangkan saya memilih yang tidak ada isinya, karena saya vegetarian," imbuh Wijoyo Atmojo.


Seluruh pengurus pun makan bakcang bersama, selain itu juga ada hidangan spesial ikan dabu dabu khas Gorontalo. 

Anies Rungkat sengaja memasak ikan dabu dabu Gorontalo dari resep leluhurnya yang sangat lezat.

"Makan ikannya tidak dengan nasi, tapi ubi rebus ditambah sambal khas Gorontalo," jelas Anies Rungkat selaku Wakil Ketua Perkumpulan KSHK. 

0 komentar:

Posting Komentar