Selasa, 25 Juli 2023

Unimaxx Photo Community Gelar Workshop "Light Painting" Narasumber Steven Sioe Praktisi Fotografi Internasional


Unimaxx Photo Community kembali menggelar workshop menarik yang kali ini menghadirkan Steven Sioe praktisi fotografi internasional.
Kegiatan dilaksanakan tepat pukul 5 sore, di Iboe Griya Herbal, Jl. Raya Gubeng No. 68 A-B Surabaya, Senin 24 Juli 2023.

Steven Sioe jebolan Brooks Institute, sekolah fotografi terbaik di Amerika Serikat, yang mana lulus di sekolah tersebut  tidaklah mudah. Semester I di tahun pertama ada 96 mahasiswa, namun hanya kurang dari 25 orang yang lulus. Steven Sioe satu-satunya orang Asia yang lulus.

Selama 4 jam, Steven Sioe berbagi pengalaman teknik memotret dengan light painting (teknik fotografi menggerakkan sumber cahaya saat mengambil foto), kepada anggota Unimaxx. 

"Memotret menggunakan light painting adalah teknik lighting, di mana kita bisa membuat suatu produk dengan dimensi lebih menarik dengan senter led," jelasnya.

Lebih lanjut Steven Sioe mengatakan bahwa ia sekarang lebih fokus pada photography fine art atau foto seni yang bisa dijual di galeri. 

"Para pengusaha maupun perhotelan biasanya dindingnya di dekor dengan memajang lukisan, bisa juga memakai karya foto," jelasnya.

"Saya suka kerajinan Indonesia karena bagus. Sayang tidak banyak orang memotret dengan lighting yang bagus. Seperti wayang yang di setiap daerah punya. Kalau mencari foto wayang di Google, pencahayaannya biasa saja. Kalau dengan lighting yang bagus tekstur wayang bisa lebih keluar dan bagus," jelas Steven Sioe yang berpesan harus fokus dengan profesi dan memiliki keunggulan.


Denny D'Colo Ketua Unimaxx Photo Community mengatakan sengaja menggelar workshop light painting fotografi yang dibawakan Steven Sioe yang juga anggota Unimaxx. 

"Beliau membagikan ilmu kepada member Unimaxx. Pengetahuan memotret dengan cahaya untuk mendapatkan karya foto yang indah dari Pak Steven Sioe luar biasa," puji Denny D'Colo.

Sementara itu, Rasmono Sudarjo selaku Penasihat Unimaxx Photo Community memberikan tips memotret dengan cahaya.

"Yang terpenting adalah idenya. Lalu cari obyek yang cocok. Selain teori, jam terbang harus cukup, karena perlu banyak percobaan. Harus telaten pula untuk mendapatkan karya foto terbaik," ujar Rasmono Sudarjo adalah kakak kandung Steven Sioe.

Lebih lanjut, Rasmono Sudarjo menerangkan bahwa demo light painting yang dibawakan Steven Sioe dengan membuat sumber cahaya buatan. Kalau di alam, cahaya dari sinar matahari. 

"Kita gunakan alat senter ada yang besar kecil untuk menyinari obyek untuk menunjang hasil foto menjadi indah. Prinsipnya tetap seperti cahaya matahari, penyinaran dari samping, agar detail obyek timbul dan hasilnya indah," tukas Rasmono Sudarjo yang berprofesi sebagai Notaris, Pelukis dan Fotografer kawakan Surabaya ini.





Lia Merliani Bendahara Unimaxx Photo Community mengucapkan terima kasih kepada Steven Sioe dan Jamu Iboe yang telah mendukung terselenggaranya workshop dengan sukses.

Malam itu, Stephen Walla Direktur Jamu Iboe menyerahkan produknya kepada Steven Sioe. Demikian pula Denny D'Colo juga menyerahkan angpou kepada Steven Sioe. Acara pun berakhir dengan foto bersama. 

0 komentar:

Posting Komentar