Selasa, 19 September 2023

14 Tim Barongsai Ikuti Pertandingan Eksibisi Porprov Jatim VIII Digelar Meriah di GOR Tjong Hok Kiong Sidoarjo


Pertandingan Barongsai dan Naga Eksibisi Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jatim VIII digelar secara meriah di Gedung Olah Raga (GOR) Tri Dharma Tjong Hok Kiong, Kabupaten Sidoarjo, mulai pukul 9 pagi hingga selesai, pada Sabtu 16 September 2023.

Sebanyak 14 tim berpartisipasi dalam pertandingan eksibisi ini. Berikut sesuai jadwal tim yang bertanding, diantaranya; Pengkot Madiun, Pengkot Mojokerto, Pengkab Banyuwangi, Pengkot Blitar, Pengkot Surabaya 2, Pengkab Tuban, Pengkot Surabaya 1, Pengkot Malang, Pengkot Surabaya 3, Pengkot Surabaya 5, Pengkab Sidoarjo, Pengkab Malang, Pengkot Kediri, dan Pengkot Surabaya 4.



Chandra Wurianto Woo Ketua Pengprov Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Jatim, menyampaikan pihaknya memilih melakukan pertandingan di GOR Tri Dharma Tjong Hok Kiong Sidoarjo.

"Pertandingan eksibisi Porprov Jatim VIII dilakukan agar tim kita bisa siap menghadapi PON 2024 di Medan. Tim Jatim sudah masuk 2 nomor yakni Barongsai Lantai dan Barongsai Tonggak. Kami berharap mendapatkan medali," terang Chandra Wurianto Woo di sela acara.

Anies Rungkat selaku Wakil Ketua FOBI Jatim mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah pengurus Kelenteng Tjong Hok Kiong Sidoarjo dan seluruh atlet barongsai yang bertanding.




Dalam acara tersebut juga dilakukan selamatan nasi tumpeng. Anies Rungkat memberikan potongan nasi tumpeng kepada Chandra Wurianto Woo, disaksikan seluruh manager tim barongsai dari Pengkot/Pengkab.

Anies menambahkan bahwa barongsai yang dipertandingan memiliki aturan yang wajib diikuti seluruh tim, karena mempengaruhi penilaian para juri.

"Tim peserta tertua berusia 24 tahun dan terkecil 10 tahun. Kami berharap Barongsai menjadi permainan yang dibanggakan dan menghasilkan. Permainan ini banyak aturan dalam ketangkasan dan kesenian," imbuh Anies Rungkat yang bertindak sebagai Pembawa Acara dan Ketua Dewan Juri.

Sebelum pertandingan dimulai, seluruh peserta mengikuti upacara, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan Janji Atlet dan Juri. Diakhiri dengan doa. 

Selanjutnya, pertandingan dimulai yakni kategori barongsai tradisional, dilanjutkan kategori naga dan kategori ketangkasan. 

Pada akhir pertandingan, panitia memberikan medali dan sertifikat penghargaan kepada para juara. 

Berikut pemenangnya; Kategori Barongsai Tradisional juara 1 diraih Pengkot Surabaya, juara 2 Pengkot Malang, dan juara 3 Pengkot Blitar.

Kategori Naga; juara 1 diraih Pengkot Blitar, juara 2 diraih Pengkot Kediri dan juara 3 diraih Pengkab Banyuwangi.

Kategori Ketangkasan Zuo Tou juara 1 diraih Pengkot Madiun, juara 2 diraih Pengkot Surabaya 2, juara 3 diraih Pengkot Kediri dan Pengkot Blitar.

Kategori Ketangkasan Shang Dui juara 1 diraih Pengkot Madiun, juara 2  Pengkab Banyuwangi, juara 3 Pengkot Malang dan Pengkot Blitar.

Kategori Ketangkasan Gua Yao juara 1 diraih Pengkot Madiun, juara 2 Pengkot Surabaya 2, juara 3 diraih Pengkab Banyuwangi dan Pengkot Malang.

Perlu diketahui, Porprov Jatim VIII digelar pada 9-16 September 2023, dengan 4 tuan rumah yakni; Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang.

Sebanyak 52 cabang olahraga yang dipertandingkan di empat venue berbeda tersebut diikuti 38 kontingen Pemkab/Pemkot. Salah satunya Pertandingan Barongsai dan Naga digelar di Kabupaten Sidoarjo.

Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII/2023 dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di GOR Delta Sidoarjo, Sabtu (9/9/2023) malam. 

Gubernur Jatim meminta seluruh pelatih, official, dan wasit menjaga sportivitas. "Semua harus berjalan fair play dan mudah-mudahan tercapai prestasi nasional bahkan dunia,” tegasnya. 

0 komentar:

Posting Komentar