Selasa, 05 September 2023

Yayasan Sahabat Sinoman Indonesia Gelar Sembahyang Rebutan 2023



Sembahyang Rebutan atau Cioko/ Ulambana dilaksanakan rutin setiap tahun oleh pengurus Yayasan Sahabat Sinoman Indonesia (Xiang You Hui 泗水香友会玄天上帝庙), bersama umatnya. 

Sembahyang Rebutan atau Zhong Yuan, juga dikenal sebagai Festival Bulan Hantu ini jatuh pada 15 bulan 7 Imlek 2574 (Rabu, 30 Agustus 2023).

"Namun, kami baru melaksanakannya pada Minggu 3 September 2023 dengan diikuti para umat," jelas Budhi Tanuwijaya Ketua Yayasan Sahabat Sinoman Indonesia.




"Setiap tahun kami melaksanakan Sembahyang Rebutan ini untuk para leluhur yang telah mendahului dan mendoakan mereka agar di alam semesta hidupnya lebih bahagia," imbuh Budhi Tanuwijaya didampingi Titin Herlina Kwarso (Bendahara)
Agus Susetio Kwarso (Wakil Ketua).

Upacara Sembahyang Rebutan atau Cioko/Ulambana dimulai sejak pukul 8 pagi dan berakhir jam 20.30 WIB. Dipimpin para biksu untuk memberkati puluhan umat yang hadir. 

Dalam upacara sembahyang rebutan tersebut, para biksu membacakan mantera "San Wei Shui Chan" jilid 1, 2 dan 3.

Upacara terpenting "Yen Kou" yakni meringankan para arwah agar segera menuju Nirwana. Kemudian memberangkatkan perahu untuk mengantar para arwah menuju Nirwana diiringi bacaan mantera oleh para bhiksu. 

Perahu kertas besar ditempatkan di tengah lapangan. Kemudian, Budhi Tanuwijaya menyulutkan api dan membakar habis perahu kertas tersebut.

"Semoga di bulan bakti leluhur ini para umat bisa mengenang, menunjukkan kasih sayang dan penghormatan bagi leluhur dan keluarga yang telah mendahului kita," harap Budhi Tanuwijaya.

Pada akhir acara, seluruh sajian yang telah digunakan untuk upacara sembahyang rebutan, dibagikan kepada para umat. 

Acara berakhir pukul 9 malam,  seluruh pengurus dan para bhiksu foto bersama. 

0 komentar:

Posting Komentar