Minggu, 29 Oktober 2023

Yayasan Seni Budaya Indonesia China Gelar Seminar Kesehatan Hadirkan Narasumber Para Shinse RS Chaoyang Beijing


Seminar kesehatan menarik bertajuk 'Pengobatan Chinese Medicine', digelar Yayasan Seni Budaya Indonesia China (印中文化交流基金会) yang diketuai oleh Chandra Wurianto Woo (胡建章), di Restoran Tristar Surabaya, mulai pukul 10 hingga jam 3 sore, Sabtu 29 Oktober 2023.

Seminar kesehatan ini menghadirkan para ahli Sinshe dari Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Tiongkok dan Barat Terpadu Beijing Chaoyang, Tiongkok.

Tentu saja seminar ini sangat diminati para hadirin. Bertindak sebagai pembawa acara Wijoyo Atmodjo (刘福辉). Penterjemah bahasa dibawakan oleh Ninik Lilyani.

Chandra Wurianto Woo menyampaikan acara ini dihadiri 70 orang. 

"Kita kedatangan tamu dari Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Tiongkok dan Barat Terpadu Beijing Chaoyang. Warga Surabaya bisa sharing belajar ilmu akupunktur, diabetes, tulang dan sebagainya," ujar Chandra Wurianto Woo di sela acara.

Chandra pun berharap para ahli ini bisa sering datang ke Indonesia untuk membantu bidang pendidikan kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat.






Liu Huibin Direktur Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Tiongkok dan Barat Terpadu Beijing Chaoyang北京朝阳中西医结合医院院长刘海滨, mengatakan sengaja datang untuk melakukan kerjasama antara China dan Indonesia dalam bidang pendidikan kesehatan.

"Kami membawa rombongan ada ahli akupunktur, tulang, pijat, dan diabetes untuk berkomunikasi dengan rekan-rekan komunitas pengobatan tradisional Tiongkok dan belajar satu sama lain," ujarnya sambil memperkenalkan satu persatu para ahli tersebut.

Liu Huibin menjelaskan tujuan kedatangan juga untuk mempererat hubungan Indonesia China, sebagaimana anjuran Presiden Xi Jinping yakni 'one belt one road', tidak hanya di bidang pendidikan kesehatan saja, tapi juga segala bidang yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Sementara itu, Sinshe Justina (张雋卿) Master of Traditional Chinese Medicine (TCM) mengapresiasi seminar yang diselenggarakan Yayasan Seni Budaya Indonesia China.

"Kegiatan ini menambah pengalaman dan ilmu. Seperti pengobatan diabetes yang menerangkan resep obat tradisionalnya dari beras hitam, kedelai hitam, jamur kemudian digongso menjadi bubuk. Selanjutnya diseduh dan diminum setiap hari," terangnya.

Seminar pun dibagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama, Yu Yuan Fang Wakil Direktur RS (副团长北京朝阳中西医结合医院副院长于彦芳) mengungkapkan dirinya memiliki banyak murid yang mempelajari ilmu pengobatan tradisional China. 

Ia berharap siswa di Indonesia berkembang seperti di Tiongkok dan bisa datang ke sana untuk belajar. Juga para guru di Tiongkok bisa datang ke Indonesia untuk sharing ilmu pengobatan tradisional China yang bisa membantu mengobati penyakit.

Ia juga berharap ilmunya bisa dipelajari para siswa di Indonesia. Yu Yuan Fang menemukan banyak ilmu pengobatan tradisional untuk mengatasi penyakit sulit yang diderita pasien. 

Selama 7 tahun, Yu Yuan Fang telah menerbitkan 4 buku tentang pola hidup sehat, dan buku kuno yang bisa dipelajari semua siswa. Yu Yuan Fang mengaku telah meninjau siswa di Indonesia yang melakukan praktek sangat baik sekali. 

Mendengar hal itu, Liu Huibin menegaskan RS Beijing Chaoyang terbuka menerima siswa Indonesia yang berkeinginan belajar ke sana.

Pembicara kedua, Chen Bicheng, Direktur Departemen Akupunktur dan Pijat RS Pengobatan Tradisional Tiongkok dan Barat Terpadu Chaoyang Beijing (北京朝阳中西医结合医院针灸推拿科主任陈必成), menerangkan tentang akupunktur dengan tusuk mengambang yang hasilnya memuaskan.

Pembicara selanjutnya adalah Zhui Ying Chun yang menjelaskan penyakit yang diderita pasca Covid-19. 

Pembicara terakhir Profesor Xu Er Huan ahli diabetes yang menerangkan pola hidup sehat serta resep untuk penderita diabetes.

Sebelum menginjak sesi kedua, seluruh peserta makan siang. Dilanjutkan dengan para peserta konsultsi kepada Sinshe. Juga mendapatkan pengobatan langsung dari narasumber. Seluruh peserta memanfaatkan pengobatan gratis tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar