Rabu, 03 Januari 2024

Tak Perlu Jauh ke Kepulauan Rempah, RM Khas Maluku by Dapur Fizzul Internasional Ada di Surabaya


Tak perlu jauh hingga ke Maluku untuk menyantap hidangan istimewa khas Kepulauan Rempah ini. Pasalnya Rumah Makan Khas Maluku by Dapur Fizzul Internasional telah resmi dibuka, tepatnya di Jalan Karang Menjangan No 15 Surabaya.

Rumah makan ini buka dari jam 10 siang hingga pukul 10 malam inipun ramai pengunjung dari berbagai kalangan, saat pertama kali dibuka oleh ownernya pasangan Heti Palestina Yunani dan Hisyam Kumkelo.



Beragam menu khas Maluku yang bisa dipilih dan  disajikan menjadi pengobat rindu para pecinta kuliner. 

Di antaranya; Ikan Kuah Kuning Kenari, Sup Ikan Kakap, Singkong Rebus, Colo Colo, Papeda, Sayur Acar, Oseng Oseng Kembang Daun Pepaya, dan Nasi Putih.

Ada paket lengkap lebih murah untuk ber 3 atau lebih seperti Paket Ikan  Kuah Kuning Kenari (ikan kuah kuning kenari, papeda, nasi putih, singkong, kembang daun kates, sambal dan kelapa sisi) dibandrol 150k dan 200k. 

Juga paket Sup Ikan Kakap, Bakar Kerapu/Kakap Ambon, Bakar Daun Tuna Ambon, untuk 2-3 dan 4-5 orang.

Untuk makanan ringan ada rujak Natsepa 20k, pisang goreng Ambon 8k, stop pisang 20k dan es kacang merah 15k. Minuman lain seperti es teh, kopi, es jeruk, air mineral juga tersedia mulai 6k.

Yang menarik tempat sajian papeda asli dari Maluku yakni sempe dan gata gata. Pengunjung saat makan bisa mencoba langsung menggulung papeda yang masih panas untuk diletakkan di atas piring.




Izzul Latuconsina selaku Founder RM Khas Maluku by Dapur Fizzul Internasional mengatakan semua bahan fresh didatangkan langsung dari Maluku. 

"Ikannya dari Banda Neira Pulau Maluku. Demikian pula rempah rempah bumbunya," jelas pemilik nama asli M. Mujaddid Izzul Ummah Mualo yang saat ini berdomisili di Jombang.

Izzul juga menceritakan bahwa juru masak adalah sang mama Nandra Latuconsina, sehingga resep warisan leluhur tersebut terjaga keaslian rasanya.

Lebih lanjut, Izzul menginformasikan bahwa nama Dapur Fizzul adalah gabungan namanya dan sang kakak, yakni Firdaus dan Izzul.

Juga penambahan kata internasional karena ia berharap makanan khas Maluku itu harus mendunia.

Sementara itu pengamat pariwisata Dr. Sri Endah Nurhidayati, S.Sos, Msi., menyambut baik kehadiran RM Khas Maluku by Dapur Fizzul Internasional di Surabaya.

"Selain rasanya otentik juga menambah khazanah kuliner di Surabaya. Masyarakat bisa datang ke mari untuk menikmati beragam hidangan menarik khas Maluku ini. Soal harga masih terbilang ramah untuk ramai ramai apalagi," jelas Dosen di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga ini.

Endah pun menunjukkan kemahirannya menggulung papeda. "Papeda pengganti nasi ini dimakan dengan kuah ikan kuning sangat enak. Juga singkong khas Maluku rasanya manis dan empuk muprul bahasa Jawanya. Dicocol dengan kuah kuning. Rasanya leker," ucapnya.

"Rasa hidangan masakan khas Maluku ini juara," ujar Sri Endah.

RM Khas Maluku by Dapur Fizzul Internasional ada di Jl. Raya Ceger No 5 Jakarta Timur dan Jl. Karang Menjangan No 15 Surabaya. 

0 komentar:

Posting Komentar