Selasa, 28 Mei 2024

Berbagai Komunitas di Surabaya Ikuti Pawai Budaya 2024



Pemerintah Kota Surabaya menyelenggarakan pawai budaya Surabaya Vaganza dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731, pada Minggu (26/5/2024) siang.

Parade Mobil Hias dan Pawai Budaya ‘Surabaya Vaganza’ 2024 ini mengusung tema ‘The Chronicle of Surabaya’ yang menceritakan perjalanan panjang sejarah Kota Pahlawan dari masa ke masa.

Surabaya Vaganza diberangkatkan pukul 13.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB dari Tugu Pahlawan hingga Balai Pemuda. 




Sejumlah 22 peserta pawai mobil hias, dan 22 peserta pawai budaya dari komunitas, masyarakat umum, swasta, BUMD, dan perguruan tinggi, turut memeriahkan acara.

Belasan komunitas masyarakat meramaikan pawai budaya Surabaya Vaganza. Di antaranya; Komunitas Tionghoa, Komunitas Bali, Keluarga Kabupaten Ende, Komunitas Minang, Komunitas Wanita Bersanggul, Komunitas Masyarakat Ngada Flores, Komunitas Kalimantan Timur, Komunitas Reog Purbaya, Komunitas India, dan lain sebagainya.

Mereka mengenakan pakaian adatnya masing-masing, juga mempertunjukkan alat musik khas daerah. Hal ini menunjukkan keragaman budaya di Surabaya.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan Surabaya Vaganza menjadi kaca bagi masyarakat untuk saling bergotong-royong, bahu-membahu satu sama lain.

Chandra Wurianto Woo Ketua Masyarakat Tionghoa Surabaya mengatakan setiap tahun pihaknya selalu ambil bagian dalam pawai budaya.

Ia berharap pawai budaya yang sangat diantusiasi para peserta dan penonton ini mampu menarik wisatawan untuk datang ke Surabaya. 

0 komentar:

Posting Komentar