Minggu, 20 Maret 2022

Aksi Sosial 'Sehat Bersama Pasmanbaya 1-9' untuk Para Guru dan Alumni



Paguyuban Alumni SMA Negeri 1 sampai 9 Surabaya (Pasmanbaya 1-9) menggelar aksi sosial 'Sehat Bersama Pasmanbaya 1-9' yakni pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah, 17 Maret 2022. 

Kegiatan dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Surabaya, mulai pukul 9 pagi dan berakhir jam 2 siang ini diantusiasi para peserta yakni alumni, para guru, dan komunitas Gowes Pasmanbaya 1-9. 

Ketua Umum Pasmanbaya 1-9 Laksma TNI (Purn) Nora Melyana menyampaikan kegiatan baksos merupakan kerjasama Seksi Sosial dan Seksi Kesehatan Pasmanbaya 1-9.

https://youtu.be/nmmsKaFnsB8

"Tujuan kegiatan ini untuk mendeteksi sejak dini masalah kesehatan. Sedangkan donor darah untuk membantu pengadaan stok darah di PMI," jelas mantan Kepala Dinas Kesehatan TNI AL yang berharap aksi sosial tersebut ke depannya lebih banyak peserta. 

"Pada kegiatan perdana ini jumlah peserta sudah mendekati target yakni 75 untuk donor darah dan 100 orang mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis," pungkasnya.

Ketua Sosial Pasmanbaya 1-9 Bambang Udi Ukoro menambahkan kegiatan baksos kali ini berkat kerjasama Seksi Sosial, Seksi Kesehatan, komunitas gowes, melibatkan PMI dan partisipasi para guru dari SMA Negeri 1 sampai 9. 

Bambang Udi Ukoro menyampaikan kegiatan perdana berjalan dengan baik dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, karena mendapat dukungan tempat maupun peserta. 

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi alumni sekaligus para guru untuk mendeteksi kesehatan serta menjadi wadah bisa guyub rukun," ujar Bambang di sela acara.

Ketua Seksi Kesehatan, dr. Ida Widyastuti Surohadi alumni SMA Negeri 5 bertugas mempersiapkan tim pemeriksaan kesehatan. 

"Kami dari RSU Haji Surabaya menurunkan 2 tenaga perawat dan 2 tenaga analis dengan kuota 100 peserta. Saat ini yang bisa diperiksa selain tensi dan suhu, juga gula darah, kolesterol dan asam urat," imbuhnya.




Sementara itu, Kepala Bagian Pelayanan dan Humas PMI Kota Surabaya, dr. Wandai Rasotedja mengapresiasi kegiatan donor darah yang diselenggarakan Pasmanbaya 1-9. 

"Stok darah di PMI kritis, sejak masa pandemi dan menjelang bulan puasa terjadi penurunan yang sangat signifikan. Kami membutuhkan 300 pendonor dalam sehari guna menstabilkan stok darah di PMI. Kami melihat antusias alumni Pasmanbaya melakukan aksi donor darah yang rencananya tidak hanya saat ini saja, tapi rutin menyelenggarakan donor darah," ujarnya.

Kegiatan sosial yang dilakukan Pasmanbaya 1-9 sebelumya, membuka warung makan gratis untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19 yang dipusatkan di wilayah Jalan Kali Kepiting Surabaya. Saat itu disedikan 175 porsi nasi kotak gratis.

Warung makan gratis Pasmanbaya 1-9 hanya menyediakan makan siang di hari Jumat. Kegiatan berlangsung seminggu sekali, sebagai bentuk kepedulian ratusan anggota Pasmanbaya 1-9 kepada sesama. Pasmanbaya 1-9 juga membagikan sembako untuk warga pra sejahtera. (Aira)

0 komentar:

Posting Komentar