Sabtu, 18 Februari 2023

Pesona Sejarah Masjid Agung dan Alun Alun Kota Rembang


Melakukan perjalanan ke Jawa Tengah, kebetulan melalui Kota Rembang, cobalah mampir ke Alun Alun yang berada di tepi jalan raya.

Alun Alun Kota Rembang, berada di Jalan Jenderal Sudirman. Alun Alun yang luas tempat berkegiatan masyarakat setempat. 

Di sekitar Alun Alun, terdapat banyak kuliner. Makanan murah meriah dari pedagang kaki lima, seperti; mie ayam, bakso, nasi, berbagai minuman dengan harga merakyat. Tak jauh dari alun alun terdapat beberapa restoran.

Masih di satu lokasi, Masjid Agung Kota Rembang yang bersejarah, berada tepat di samping alun alun. 

Masjid Agung dibangun Adipati Cyondrodiningrat, pada tahun 1814 Masehi, dan telah mengalami 6 kali pemugaran. Namun, bangunan asli tetap terjaga keutuhannya.



Masjid ini merupajan cagar budaya. Di belakang masjid terdapat makam para Adipati Rembang, salah satunya makam Adipati Sidolaut.

Berada di Masjid Alun Alun Rembang sangatlah nyaman dan bersih. Tempat wudhu dan toilet sangat bersih. Mukena juga tersedia untuk jamaah putri. 

Tak jauh dari Alun- Alun Rembang, terdapat Museum RA Kartini, dulunya adalah tempat tinggal keluarga Kartini. 

Di dalamnya terdapat peninggalan berupa barang-barang rumah tangga, seperti; meja makan, meja rias, piring, gelas, baju dan sebagainya.

Kata-kata mutiara dari RA Kartini pun, menghiasi dinding-dinding Museum, yang didirikan pada tahun 1967. Ayo kunjung ke Rembang Kota Garam. 

0 komentar:

Posting Komentar