Senin, 21 Agustus 2023

Gabungan Lions Club di Surabaya Gelar Baksos Pemeriksaan Diabetes, Penyuluhan Lingkungan & Bagi Beras untuk Warga Baratajaya


LCS Country, LCS Kharisma, LCS Millenium,  LCS Pertiwi, LCS Starlight, LCS Victoria, menggelar bakti sosial Enviroment, Relieving the Hunger, dan Diabetes, merupakan bagian dari program 5 pilar pelayanan sosial dari Lions Club Internasional.

Kegiatan sosial diikuti warga sekitar yang dilaksanakan tepat pukul 10 siang, Sabtu 19 Agustus 2023, di Pirih Boxing Camp, Jl. Baratajaya XXII no 2EP, Surabaya.

Trees Pirih selaku Project Officer yang juga menjabat sebagai President LC Surabaya Pertiwi, menyampaikan, dalam kegiatan ini diselenggarakan pemeriksaan gula darah dan tensi, penyuluhan lingkungan hidup dengan membuat eco enzyme, pembagian beras dan tas belanja kepada warga Baratajaya peserta baksos. Juga penyerahan bak sampah untuk warga.


Ketua Wilayah 4 Edward B Atmadjie mengapresiasi baksos pelayanan sosial 3 pilar yang diselenggarakan Daerah 4 B. 

"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi warga dan bisa menjaga lingkungan hidup," harapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyuluhan diabetes oleh dr. Hendro Rijanto President LC Surabaya Kharisma.

dr. Hendro Rijanto menjelaskan Diabetes atau kencing manis yang banyak terjadi di Indonesia. "Orang Indonesia itu suka makan nasi berkarbohidrat tinggi dan protein kurang. Karbohidrat menyebabkan gula darah meningkat," terangnya.

Adapun tanda gejala pokok kencing manis adalah makan, minum, kencing banyak. "Oleh karena itu, Lions Club mengadakan pemerikasaan gula darah. Jika kencing manis tinggi, harus mengubah pola makan yang sehat seimbang dengan makan sayur mayur, protein, diet, dan olahraga.  Kencing manis tinggi menyebabkan penyakit jantung, paru-paru, stroke dan sebagainya," terang dr. Hendro Rijanto.

Penyuluhan Lingkungan Hidup dengan membuat eco enzyme dan tempat pengolahan sampah dibawakan oleh President LC Surabaya Victoria Lion Meliana Lim.

Meliana Lim menjelaskan secara detail cara membuat eco enzyme dan manfaatnya untuk lingkungan hidup. Eco enzyme adalah cairan fermentasi dari sisa bahan organik selama 3 bulan. 

Manfaatnya sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari seperti membunuh bakteri, mencuci piring dan pakaian, menyehatkan rambut, dan sebagainya.

"Rumus membuatnya yakni 10 air, 1 gula aren/molases dan 3 kulit buah atau pot sayur segar semua bahan diaduk dimasukkan wadah plastik untuk proses fermentasi dan ditutup rapat dibuka 3 bulan kemudian," jelasnya.

Eco enzyme adalah produk sosial tidak untuk diperdagangkan tapi disebarluaskan, imbau Meliana Lim.

Ketua Daerah 4 B Ayu Novierra Kristanti dari LC Surabaya Starlight menyampaikan, kegiatan ini selain dihadiri warga juga para president di antaranya; President LC Surabaya Country Lion Veronica Hari, President LC Surabaya Kharisma Lion Hendro Rijanto, President LC Surabaya Millennium Lion Junivan, President LC Surabaya Pertiwi Lion Trees Pirih, President LC Surabaya Starlight Lion Siti Djuwariah, dan President LC Surabaya Victoria Lion Meliana Lim.

"Baksos ini diselenggarakan juga dalam rangka menyambut peringatan HUT RI ke-78," ujar Novierra Kristanti  yang bersyukur acara berlangsung lancar dari awal hingga akhir.

Novierra juga mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan diri maupun lingkungan sekitar. "Akhir akhir ini di Jakarta polusi tinggi salah satu penyebabnya pembakaran sampah. Oleh karena itu kita mengadakan penyuluhan pengolahan sampah yang bermanfaat bagi lingkungan dan bumi," tukasnya. 

0 komentar:

Posting Komentar