Selasa, 12 September 2023

Kelenteng Jagalan Gelar Sembahyang Rebutan & Bagi 1500 Paket Sembako untuk Warga Pra Sejahtera


Kelenteng Pak Kik Bio - Hian Thian Siang Tee yang berada di Jalan Jagalan No.74-76 Surabaya ini melaksanakan Sembayang Rebutan atau Zhong Yuan Jie dengan khidmat, dipimpin pengurus dan diikuti puluhan umat anggota secara khidmat.

Usai ritual doa, para pengurus membagikan 1500 paket sembako untuk warga pra sejahtera, tepat pukul 8 pagi, Minggu 10 September 2023.

Nanang Ketua Kelenteng Pak Kik Bio menyampaikan kegiatan ini sebagai tradisi yakni Sembahyang King Hoo Ping yang dilakukan pada bulan 7 Imlek.




"Mereka yang berkelebihan menyumbang dan Pak Kik Bio menyalurkan 1500 paket sembako untuk warga sekitar dan Surabaya yang membutuhkan. Satu paket sembako yang dibagikan berupa; beras, mie, garam, gula, minyak goreng dan kecap," terang 
Nanang di sela kegiatan.

Pembagian sembako pun berjalan lancar dengan persiapan yang matang dari para pengurus. Untuk pengamanan dibantu Babinsa setempat. 

Warga penerima sebelumnya telah menerima kupon, lalu menukarkannya kepada panitia untuk mendapatkan satu paket sembako.

Sri Asmini salah satu penerima mengucapkan terima kasih kepada pengurus Pak Kik Bio. "Bantuan sembako ini sangat berarti. Semoga Tuhan yang membalas kebaikan pengurus Pak Kik Bio," ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri para pengurus dan muda mudi Pak Kik Bio. 

Sekedar diketahui sembayang rebutan atau Chioko juga disebut King Hoo Ping ini ditujukan kepada para leluhur maupun keluarga yang telah meninggal agar damai di alam nirwana. Selain itu juga mendoakan para arwah yang tidak dirawat keluarganya.




Sembahyang rebutan sudah dikenal sejak lama. Mengapa disebut sembahyang rebutan, karena usai ritual doa, berbagai sajian di atas altar diperebutkan.

Seiring dengan berjalannya waktu, hal itu tidak lagi dilakukan, karena menimbulkan kekacauan. Untuk lebih amannya, para pengurus atau panitia membagikan kupon dan warga penerima dengan tertib menukarkan untuk mendapatkan paket sembako. 

0 komentar:

Posting Komentar