Senin, 13 November 2023

Diantusiasi Warga, Bazar UMKM & Bakti Sosial Kesehatan Digelar di Masjid Cheng Hoo Surabaya


Bazar UMKM dan Bakti Sosial Kesehatan bertajuk 'Meningkatkan Sinergitas Guna Mempercepat Kemandirian Umat' digelar di halaman Masjid Cheng Hoo Surabaya, mulai pukul 6 pagi dan berakhir jam 2 siang, Minggu 12 November 2023.

Acara ini diselenggarakan oleh Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI), Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jatim, PITI Surabaya,  Fatayat Muslimah NU, Forum Silaturahmi Antar Masjid (FORSAMA), Hai'ah Ta'mirul Musholla Indonesia (HATAMI) Kota Surabaya, Pembantu Pengurus Pondok Pesantren Nurul Jadid (P4NJ), Bank Jatim Syariah, Kecamatan Genteng, Kementrian Hukum dan HAM RI Pengenalan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan sponsor pendukung lainnya.

H. Abdullah Nurawi Ketua YHMCHI mengucap syukur dengan terselenggaranya kegiatan ini dan memberikan fasilitas konsultasi serta pendampingan gratis untuk pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) juga Sertifikat Halal bagi UMKM. Demikian pula dengan pengenalan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) oleh Kemenkumham Jatim.




"Dalam acara ini juga diselenggarakan bakti kesehatan akupuntur gratis yang diikuti 100 peserta. Juga ada pemeriksaan creatinine gratis, serta konsultasi keluarga juga gratis," jelas Nurawi.

Selain itu digelar bazar sembako, karena akhir akhir ini harga kebutuhan pokok naik, imbuh Nurawi yang menginformasikan bahwa kegiatan ini pertamakalinya digelar di Masjid Cheng Hoo Surabaya dan akan dilaksanakan di masjid-masjid di Surabaya. 

"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat," harapnya.

H. Haryanto Satriyo Ketua PITI Jatim menyampaikan dalam kegiatan ini juga digelar Sholat Dhuha berjamaah dilanjutkan dengan ceramah. 

"Kami berharap kegiatan positif ini bermanfaat, tak hanya bagi jamaah PITI tapi juga masyarakat luas," ucapnya.

Gatot Suharto dari Kemenkumham Jatim menyatakan siap membantu UMKM yang membutuhkan pengetahuan tentang Hak Kekayaan Intelektual.

Ustadz Hasan Basri Ketua Pelaksana Harian YHMCHI mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara yang bermanfaat ini.

Domi Wahyu Nugroho Lurah Ketabang mengatakan atas nama Pemkot Surabaya mengucapkan terima kasih dengan adanya acara ini yang dapat meningkatkan ekonomi dan peduli kesehatan masyarakat.

Demikian pula perwakilan dari Fatayat Muslimah NU yang mengatakan kegiatan ini diselenggarakan untuk mendorong kemandirian ekonomi umat, serta diharapkan terus berlanjut.

Ustadz Supriyanto S.Th.I, M.Pd.I selaku Penyuluh Agama Islam Kemenag Kota Surabaya menjelaskan pihaknya mendampingi seluruh UMKM di Surabaya yang ingin mengurus NIB dan sertifikat Halal, bisa datang ke Masjid Cheng Hoo Surabaya. 

Dalam acara itu, berjajar stan UMKM yang menjual aneka makanan minuman, kerajinan, busana, dan sebagainya. Panitia juga menyediakan kopi gratis dari Kapal Api. 

Suasana makin semarak dengan tampilan grup Hadrah yang menghibur pengunjung menikmati berbagai sajian makanan minuman olahan UMKM Surabaya. 

0 komentar:

Posting Komentar