Minggu, 24 Desember 2023

Menu Istimewa Huangjiu Yangrou Khas Hakka Disajikan Saat Perayaan Dongzhi


Perayaan Dongzhi (冬至节 Dong Zhi Jie) atau Ronde dirayakan tepat di musim dingin yang jatuh bulan Desember. Biasanya masyarakat Tionghoa merayakan Hari Ronde ini dengan kumpul bersama lalu sembahyang di depan altar, kemudian menyantap makanan ronde.

Sebagaimana yang dilakukan Perkumpulan Hwie Tiauw Ka Surabaya juga merayakannya. Namun ada satu menu istimewa yang selalu disajikan yakni daging kambing arak kuning atau Huangjiu Yangrou (黄酒羊肉). 

Menu istimewa ini dimasak langsung oleh Didik juru masak perkumpulan. Didik mengungkapkan membutuhkan 15 kg daging kambing segar untuk satu panci besar. 

"Bumbunya ada arak, tebu, dan rempah rempah," jelasnya.

Elisa Christina Ketua Pelaksana Harian Perkumpulan HTK menjelaskan bahwa dalam tradisi sembahyang yang dilaksanakan masyarakat Tionghoa adalah Ceng Beng dan Ronde.





"Setiap perayaan Ronde ini ada hidangan khas yang disajikan di Perkumpulan HTK yakni menu Huangjiu Yangrou (黄酒羊肉) atau daging kambing arak kuning. Tapi kami juga menyajikan hidangan lain seperti; mie, kaki babi masak kecap, tahu udang, bakwan, siomay dan ronde kacang," jelas Elisa sambil menunjukkan beragam hidangan tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar