Kamis, 28 Maret 2024

Delegasi Kota Zhuhai Jalin Kerjasama dengan Pemkot Surabaya dan PERPIT Jatim

 

Delegasi Kota Zhuhai yang dipimpin Mr. Guo Caiwu (郭才武) Anggota Komite Tetap Komite Partai Kota Zhuhai, juga menjabat sebagai Presiden Asosiasi Persahabatan Luar Negeri Zhuhai (珠海市委常委,珠海海外联谊会会长) ini mengunjungi Surabaya guna menjalin kerjasama, Senin 25 Maret 2024.

Diawali dengan rombongan Delegasi Zhuhai yang berjumlah 21 orang mengunjungi Pemkot Surabaya dan diterima langsung oleh Armuji Wakil Wali Kota Surabaya, di ruang kerjanya, di Bali Kota Surabaya, tepat pukul 10 siang. 



Mr. Guo Caiwu secara panjang lebar menjelaskan tentang geografis, jumlah penduduk, perekonomian, industri dan pariwisata Kota Zhuhai. 

Ia menginformasikan bahwa Kota Zhuhai adalah kampung halaman perantau di Indonesia. "Banyak warga Surabaya yang berasal dari Kota Zhuhai," ujarnya.

Ia pun meminta Wawali Armuji untuk menjalin kerjasama kota atau Sister City dan bekerja sama di berbagai bidang.

Mr. Guo Caiwu lantas mengundang Wawali Armuji untuk datang langsung ke Kota Zhuhai sebagai wilayah penting Teluk Besar Guangdong - Hongkong - Makau dan kota inti di Tepi Barat Muara Sungai Mutiara. Kota Zhuhai terhubung ke jembatan darat Hongkong Makau.

Mendengar penjelasan panjang lebar keunggulan Kota Zhuhai, Wawali Armuji berminat memenuhi undangan untuk bertandang ke sana. 

"Jumlah penduduk Kota Zuhai sebanyak 3 juta lebih, sama dengan penduduk Surabaya sebagai kota kedua terbesar di Indonesia. Surabaya juga sebagai kota industri dan pariwisata," kata Armuji yang menyambut positif ajakan Sister City antara Surabaya dengan Kota Zhuhai.

Di akhir pertemuan, kedua belah pihak saling memberikan cinderamata. Wawali Armuji menyerahkan Udeng Suroboyo atau peci khas dan patung akrilik lambang Suro dan Boyo.

Sedangkan, Mr. Guo Caiwu menyerahkan piring bergambar pesawat Airshow China di Zhuhai yang akan berlangsung 12 - 17 November 2024.

Mr. Guo Caiwu juga memberikan ID Card untuk menghadiri Pameran Penerbangan & Dirgantara Internasional Tiongkok tersebut, yang diikuti ratusan negara dan dihadiri ribuan pengunjung di dunia.

Hadir dalam kegiatan Chandra Wurianto Woo (胡建章) Ketua Yayasan Seni Budaya Indonesia China (哈三印中文化交流基金会) & Ketua Komunitas Sosial Masyarakat Tionghoa Surabaya (泗水华族慈善联谊会) dan Mr. Xu Yong Konjen RRT di Surabaya, serta jajaran Pemkot Surabaya.

Selanjutnya, Rombongan Delegasi Kota Zhuhai menuju Hotel JW Marriott untuk mempresentasikan Kemajuan Pembangunan Kota di hadapan Perkumpulan Pengusaha Indonesia Tionghoa (PERPIT) Jatim.

Dalam acara itu juga dilakukan MoU antara Alim Markus Presiden Direktur Maspion Group bersama Mr. Miu Keliang (缪克良) perwakilan Kota Zhuhai.

Alim Markus menjelaskan bahwa Indonesia memiliki wilayah yang luas dengan jumlah penduduk besar yakni 282 juta jiwa. Prospek pembangunan di masa depan yang luas. 

CEO Maspion Group ini menyambut baik jika perusahaan dari Zhuhai berinvestasi serta berkembang di Indonesia dan hal itu bisa terwujud dengan kunjungan delegasi ke Surabaya ini.

Pada kesempatan itu, Mr. Guo Caiwu menjelaskan Kota Zhuhai memiliki daya saing komprehensif yang kuat dan pengembangan industri terdiversifikasi. 

Ditunjang layanan pemerintah berkualitas tinggi, dan efisien, di lingkungan bisnis. "Kerjasama ekonomi dan perdagangan dengan Indonesia itu baik, dan prospeknya luas," ujarnya.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan makan siang. Selanjutnya rombongan istirahat, kemudian mengunjungi pabrik Maspion di Gresik. Acara kunjungan kerja di Surabaya diakhiri dengan makan malam di Restoran Ming Garden. 

Keesokan hari (26/3/24), rombongan bertolak ke Jakarta untuk bertemu dengan para pengusaha.

Chandra Wurianto Woo mengatakan rombongan delegasi Zhuhai sengaja datang ke Indonesia untuk menjajaki investasi di segala bidang. "Mereka telah bertemu Wawali Armuji guna menjalin persahabatan dua negara," jelasnya.

0 komentar:

Posting Komentar