Jumat, 22 Maret 2024

Pengusaha Jatim Gelar Baksos Ramadhan Serahkan Ribuan Paket Sembako ke PW Muhammadiyah Jatim dan Polda Jatim


Harga bahan pokok melonjak di bulan Ramadhan, membuat para pengusaha yang tergabung dalam Yayasan Bhakti Persatuan (YBP), Perkumpulan Pengusaha Tionghoa Indonesia (PERPIT) Jatim, dan Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya (PMTS) memberikan bantuan ribuan paket sembako ke warga pra sejahtera.

Setelah kemarin menyalurkan bantuan 1000 paket sembako untuk warga dhuafa dan anak yatim piatu di Masjid Cheng Hoo Surabaya (15/3/2024). Kembali para pengusaha menyalurkan 1.500 paket sembako ke PW Muhammadiyah Jatim (18/3/2024).

Penyerahan paket sembako secara simbolis dilakukan langsung oleh Alim Markus Ketua Dewan Pembina YBP, Hermawan Santoso Ketua YBP, H.A Nurawi Ketua Koordinator PMTS, Hidayat Alim Ketua PERPIT Jatim, dan diterima oleh Ir. Tamhid Masyhudi Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jatim, didampingi jajaran pengurus.




Alim Markus menjelaskan bahwa sejak 15 tahun lalu setiap Ramadhan, YPB, PERPIT Jatim, dan PMTS membagikan ribuan paket sembako. 

CEO Maspion Group ini juga mengatakan bahwa dulu pihaknya memberangkatkan para ulama Jatim ke Tiongkok untuk melakukan studi banding. Ia berharap tahun depan bisa berangkat kembali jika kondisi perekonomian negeri ini semakin membaik.

Alim Markus pun memuji Jatim termasuk daerah yang kondusif. Ia mengungkapkan bahwa pengusaha Jatim selalu kompak dan menjalin silaturahmi dengan PW Muhammadiyah, PWNU, MUI, dan TNI Polri serta Pemerintah Daerah.

"Bahkan pasukan kuning pun kita layani," ujar Alim yang mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengusaha yang berpartisipasi. 

Hermawan Santoso Ketua YBP menginformasikan bahwa Ramadhan tahun ini dibagikan 10.000 paket sembako. Satu paket sembako berisi 5 kg beras, 1 kg gula pasir, 1 ltr minyak goreng, Kopi Kapal Api, 500 gr Garam Cap Kapal, sabun mandi Cap Tawon, Kerupuk Finna, snack, 1 paket dari Wings berisi; kecap, mie, kopi dan teh. 

"Sengaja untuk Ramadhan tahun ini dipercepat pembagian sembakonya. Biasanya kami membagi pada akhir Ramadhan, menjelang Idul Fitri. Saat ini orang sedang susah mencari sembako," jelas Direktur PT Susanti Megah produsen Garam Cap Kapal.

"Kita minta PW Muhammadiyah untuk turut membantu menyalurkan 1500 paket sembako. Selanjutnya sesegera mungkin kita bagikan ke PW NU, MUI, Kodam, Polda, Pemkot dan lainnya," terang Hermawan Santoso.

Wakil Ketua Ir. Tamhid Masyhudi mewakili Ketua PW Muhammadiyah Jatim Dr. dr. Sukadiono M.M., mengucapkan terima kasih diberi kepercayaan membagikan bingkisan paket lebaran di saat lonjakan harga sembako.

"Kami senang sekali menerima paket sembako ini yang akan dibagikan kepada para guru di kampung kampung yang gajinya di bawah UMR. PW Muhammadiyah Jatim memiliki program Bakti Guru dengan memberikan paket sembako. Bantuan dari Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya sangat membantu," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan anggota YPB di antaranya; Chandra Wurianto Woo, Hadi Gunawan, Budhi Tanuwijaya, Wenas Panwell, Sutrisno Alim, Siek Ming Kie, Mintarso, Rasmono Sudarjo, Khalid Huang, Ivan Arista, Sherly, Dwi Ken Hendrawanto, Oei Tjing Yen Humas PITI Surabaya, dan Siti Fatimah Sukri pengurus YHMCHI. Sedangkan dari pengurus PW Muhammadiyah Jatim; Prof. Dr. Biyanto M.Ag (Sekjen), Drh, Zainul Muslimin (Bendahara), dan lainnya. 



Pada hari Selasa, 19 Maret 2024, para pengusaha dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pembina YBP Alim Markus menyerahkan 1000 paket sembako ke Polda Jawa Timur. 

Penyerahan bantuan paket sembako secara simbolis diterima oleh Kapolda Jatim Irjen. Pol. Imam Sugianto beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Alim Markus mengungkapkan jika para pengusaha Jawa Timur, memahami beratnya kondisi ekonomi  yang sedang dirasakan masyarakat. Oleh karenanya, di Bulan Suci Ramadhan ini, dibagikan paket sembako meringankan beban ekonomi masyarakat. Khususnya dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto menyambut baik dan mengucapkan terima kasih. "Rencananya, bantuan ini akan kami salurkan kepada saudara kita yang membutuhkan di Jawa Tengah. Polda Jatim dan polres jajaran, sedang mengumpulkan bantuan sembako. Menurut data, saat ini sudah 17 ribu warga yang mengungsi akibat bencana banjir," ungkapnya. 

Dalam kegiatan ini, Alim Markus didampingi Hermawan Santoso Ketua YBP, Hidayat Alim Ketua PERPIT Jatim, H.A. Nurawi Ketua Koordinator PMTS, Siek Ming Kie, Wiliam Atmodjo, Hengki Budi, Sherly, dan Dwi Ken Hendrawanto. (Red)

0 komentar:

Posting Komentar