Minggu, 10 Maret 2024

Vihara Rumah Suci Surabaya Rayakan Hari Jadi ke-74 dan HUT Cai Shen Ye



Vihara Rumah Suci (Pusat) yang berada di Jl. Genteng Sayangan No. 29-33 Surabaya ini, melaksanakan peringatan hari jadinya ke-74, sekaligus merayakan HUT Cai Shen Ye, dengan upacara doa, tepat pukul 8 malam, pada 5 Maret 2024. 

Pimpinan Vihara Rumah Suci Surabaya, Laoshi Willy Sim menjelaskan,"Ada 2 peringatan yakni hari jadi vihara dan ulang tahun Dewa Rejeki, tepatnya sekarang tanggal 26 bulan ke satu penanggalan Imlek. Dalam perayaan ini selalu dipenuhi umat yang antri mulai jam 6 pagi, hingga pukul 10 malam."

Laoshi Willy Sim menambahkan bahwa semua mahkluk hidup itu menginginkan kebahagiaan, semua umat juga ingin hidupnya bahagia untuk itu ekonomi harus menunjang.

"Pada ulang tahun Dewa Rejeki, umat memohon hasilnya. Ibaratnya, kalau panen, harus menanam penyebabnya, dengan doa dan rajin beramal agar rejeki bisa beruntun. Setiap keluarga yang beramal, hidup rukun, peduli lingkungan. Demikian pula keadaan kampung, kota maupun negara hidup rukun, dari skala kecil hingga besar, sehingga aman dan makmur," jelas Laoshi Willy Sim, 6 Maret 2024.





"Kami mengajak umat untuk berdoa agar semua mahkluk hidup makmur. Semoga Indonesia jaya dan makmur," pungkas Laoshi Willy Sim. 

Tepat jam 11 siang, Laoshi William Sim berdoa di depan altar luar, kemudian berdoa di depan altar Cai Shen Ye.

Kemudian, Laoshi Willy Sim melanjutkan penjelasannya, bahwa dalam kegiatan ini umat membawa  persembahan untuk Dewa Rejeki yakni mie yang melambangkan panjang usia, kue wijen berarti keluarga anak cucu sejahtera, dan kue mangkok menandakan rejeki muncul banyak.

Setelah para umat melakukan doa, panitia memberikan teh kesehatan untuk diminum bersama keluarga di rumah, angpou untuk disimpan agar ekonomi meningkat, dan doorprice dari pengurus Vihara Rumah Suci.

Laoshi Willy Sim menginformasikan bahwa umat Vihara Rumah Suci Surabaya ini datang dari Medan, Palembang, Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, Jember, Malang, Pasuruan, Kraksaan Probolinggo, Rogojampi Banyuwangi, Bali, Lombok, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Menado, Makassar dan Papua. 

"Dari Sabang sampai Merauke ada umat yang datang ke mari," terang Laoshi Willy Sim didampingi Ketua Panitia Erwan.

Laoshi Willy Sim menambahkan bahwa dalam persembahan Dewa Rejeki ini disajikan bakcang, merupakan petunjuk dari pendiri Rumah Suci Surabaya yakni mendiang Thai Laoshi Sim Kong Siong (Yogi Pawitra 1920 - 1991).

Adapun jadwal peringatan HUT Vihara Rumah Suci dan HUT Cai Shen Ye, yakni; umat dianjurkan doa dengan persembahan, mulai 1 - 5 Maret 2024. Panitia menyediakan paket persembahan. 

Hu rejeki hanya diperoleh dengan datang langsung ke vihara dengan antri nomor, pai dan puak pue pada Hari Rabu, mulai jam 6 pagi hingga pukul 10 malam, 6 Maret 2024. 

0 komentar:

Posting Komentar