Selasa, 25 Juni 2024

Menu Sembilang Kuah Kuning Kaya Protein


Bila berwisata di kota kota pesisir, banyak rumah makan yang menawarkan menu Sembilang. Salah satunya menu Sembilang Kuah Kuning. 

Namun bisa dimasak sendiri di rumah. Pertama, bersihkan ikan Sembilang seberat 6 ons, kemudian dipotong-potong.

Uleg 7 bawang merah, 4 bawang putih, 2 cabe besar, 3 cabe kecil, kunir seruas, laos sedikit, ketumbar satu sendok makan, dan 3 kemiri. Semuanya ditumis hingga harum.

Didihkan air secukupnya, masukan ikan Sembilang yang telah dipotong potong, bumbu dan asam Jawa. Kemudian masukkan garam dan penyedap secukupnya. Masak hingga matang, masukkan irisan daun bawang, dan tomat. Lalu, hidangkan dengan nasi putih, tambah kerupuk. Lekoh.




Sembilang kelompok ikan berkumis (Siluriformes), menghuni perairan tawar, serta ada di wilayah hangat Pasifik, dari Jepang hingga Australia dan Fiji. Terdapat 35 spesies dalam 10 genera.

Ikan sembilan termasuk jenis ikan laut. Perbedaan ikan sembilang itu terdapat 2 jenis ikan sembilang yaitu ikan sembilang batu dan ikan sembilang lubang. 

Beratnya mencapai 5 kg dan penjang hingga 70 cm. Bentuk Sembilang hampir sama dengan Lele. (Sumber Wikipedia).

Ikan Sembilang kaya akan protein Sumber omega-3, Vitamin D tinggi, mengandung zat besi, kaya kalsium, juga menjaga kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

0 komentar:

Posting Komentar