Selasa, 09 Maret 2021

Pesona Pantai Pasir Putih Dalegan Panceng Kabupaten Gresik


Gresik tak hanya terkenal sebagai industrinya tapi banyak tempat wisata yang ditawarkan. Baik wisata pulau, pantai, mangrove, alam dan religi. Salah satu wisata pantai yang recommended, Pantai Dalegan.

Wisata pantai pasir putih tersebut berada di Desa Dalegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Berjarak kurang lebih 40 km dari pusat Kota Gresik. 

Setelah melewati wilayah Manyar terus menuju Sidayu, Ujung Pangkah, dan melewati kawasan hutan jati Panceng, setelah melewati Kantor Kecamatan Panceng tak jauh terdapat papan penunjuk arah di sisi kanan jalan menuju wisata Pantai Dalegan. Hanya sekitar 1 Km menuju lokasi obyek.

Dengan tiket 10 ribu, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai yang bersih. Bermain di atas pasir putih, berenang, bermain layangan, lomba perahu, dan memancing. 




Di sekitaran Pantai Dalegan tersedia aneka macam kuliner murah dan toko-toko pakaian anak-anak khas pantai penuh warna. Disediakan pula area parkir. Serta tempat bermain anak-anak.

Setiap bulan Agustus diadakan atraksi wisata berupa perlombaan yang terkait dengan wisata bahari seperti dayung perayu nelayan, dan sebagainya. 

Pantai berpasir putih ini dibuka untuk umum sejak tahun 2003. Sebelumnya pantai ini belum pernah dikelola, hanya sekedar untuk tempat bermain anak-anak.

Seiring dengan perkembangan waktu, pengunjung semakin banyak. Demi kenyamanan dan keamanan pengunjung kemudian dikelola oleh desa dan dikenal luas dengan sebutan WISID atau WPP Dalegan. 

Pantai Dalegan memiliki luas 2.5 hektar dan pasirnya berwarna putih. Ombak cukup stabil. Pengunjung sangat menikmati wisata pantai dan banyak diantara mereka yang berenang. Sumber: disparbud.gresikab.go.id




0 komentar:

Posting Komentar