Sabtu, 15 Mei 2021

Kima Kerang Raksasa Penyelamat Lautan



Kima merupakan kerang raksasa termasuk dalam biota laut yang dilindungi. Hal inilah yang menyebabkan kima sebagai biota laut sering disebut-sebut sebagai pahlawan penyelamat laut.


Disebut sebagai giant clam, karena merupakan kerang raksasa. Biota laut yang termasuk dalam kelas Bivalvia dan Famili Tridacnidae. Bernafas dengan insang berbentuk lembaran. Ditemukan di perairan dangkal (hingga 20 m). Termasuk dalam kategori biota laut yang dilindungi penuh.

Kima Sebagai Penyelamat Lautan
Berperan menjaga lingkungan perairan tetap sehat. Kima berperan penting dalam membersihkan mikroorganisme yang berlebihan, sehingga air laut menjadi lebih sehat.  Setiap ekor kima mampu membersihkan berton-ton air laut setiap hari. Berfungsi sebagai biofilter alami
Kima menyaring nutrien terlarut. 

Selain itu, Kima juga menyerap berbagai zat berbahaya bagi laut seperti zat nitrogen dan fosfat. Menjadi alat pendeteksi keadaan air laut Dari kima, kita dapat mengetahui kondisi air laut, contohnya jika kima berwarna pucat menandakan bahwa laut sedang mengalami kenaikan suhu dan tercemar polusi.

Jenis Kima Yang Ada di Indonesia
Dari 10 spesies yang ada di seluruh dunia terdapat tujuh jenis kima yang mendiami perairan Indonesia yaitu:
Kima Raksasa (Tridacna gigas)
Kima Lubang (T. crocea)
Kima Air atau Kima Selatan (T. derasa)
Kima Pasir (Hippopus hippopus)
Kima Porselen (Hippopus porcellanus)
Kima Sisik (T. squanmosa)
Kima Kecil (T. maxima)

Daerah persebaran Kima:
Selat Bali, Selat Makassar, Laut Sulawesi (kima selatan), Pantai Barat Tapanuli (kima raksasa), Perairan Indonesia Timur (kima porselen). 

0 komentar:

Posting Komentar