Kamis, 12 Agustus 2021

Rasa Manis Legit Durian Lokal dan Cara Pilih di Gelaran Buah Nusantara



Buah lokal masih menjadi salah satu pilihan utama dan favorit masyarakat Indonesia. Buah penting bagi kesehatan tubuh dengan beragam pilihan untuk dikonsumsi. Nikmati berbagai buah lokal melalui event Gelar Buah Nusantara (GBN) ke-6 yang diadakan pada tanggal 9-31 Agustus 2021.

Durian menjadi salah satu buah lokal yang bisa dipilih karena rasanya walau baunya banyak orang kurang suka. 

Untuk mendapatkan durian dengan cita rasa enak dengan ciri-ciri berikut:
•Buah berbentuk bulat
•Ujung buah belum terbelah
•Tangkai tidak rata
•Saat diketuk, mengeluarkan bunyi gema
•Aroma yang terasa kuat dan menyengat
•Berduri panjang dan rapat
•Berbobot 1-2 kg atau berukuran besar tapi
bobotnya ringan.

Salah satu durian lokal dengan cita rasa manis legit berdaging tebal, bijinya pipih kecil dan warna daging buah kuning tua juga oranye adalah Durian Kromo Banyumas.

Durian kromo merupakan jenis durian lokal unggulan Kabupaten Banyumas. Nama Kromo adalah nama seorang petani durian di Desa Karangsalam, Kecamatan Kemranjen Banyumas, Jawa Tengah. Kromo memiliki nama asli Saiman Nur Soim adalah pewaris pohon durian dari orang tuanya.

Kementerian Pertanian pada tahun 2013 mengesahkan durian Kromo sebagai durian lokal unggulan Banyumas. Penangkaran bibit pun dilakukan dengan biji asli dari pohon induk yang kini masih hidup di pekarangan rumah Kromo. Pohon durian kromo bisa menghasilkan buah dengan bobot lebih dari 10 kilogram.

Varietas unggulan ini akan ditanam di kawasan food estate Kalimantan Tengah, karena kemampuannya beradaptasi. Membuatnya dapat ditanam di beberapa daerah.

Kawasan food estate dibangun Kementerian PUPR bersama dengan Kementan merupakan upaya mewujudkan kemandirian pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani di Kalimantan.

0 komentar:

Posting Komentar