Kamis, 16 Maret 2023

Di Balik Prestasi Olahraga Barongsai dan Xiangqi di Jatim Tak Lepas dari Sosok Chandra Wurianto Woo


Sosok Chandra Wurianto Woo  (胡建章) tidaklah asing bagi warga Surabaya, karena kiprahnya yang turut menjalin kerjasama antara Indonesia Tiongkok dalam segi budaya, olahraga dan pendidikan.

Chandra Wurianto Woo dikenal aktif memajukan dunia olahraga Barongsai sejak puluhan tahun silam. 
Ia mendukung dan mengayomi olahraga catur Xiangqi di Surabaya.

Sederat jabatan disandang Chandra Wurianto Woo dan yang terbaru resmi menjabat Ketua Perkumpulan Sosial Karya Surya Harapan Kesejahteraan (KSHK) Surabaya, periode ke-10, masa bakti 2022 – 2025.

Setelah menjabat Ketua KSHK, Chandra Wurianto Woo langsung menggelar berbagai acara seperti merayakan Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh 2574 sekaligus pelantikan pengurus.

Perayaan dihadiri 600 anggota KSHK, Keluarga Besar Guang Zhou Malang, Keluarga Besar Yayasan Sosial Dharma Warga Surabaya, Keluarga Besar Marga Yong Surabaya, digelar di Restoran Tristar Surabaya, tepat pukul 10.30 WIB, pada 5 Februari 2023 lalu.

Acara meriah dipandu Anies Rungkat dan Wijoyo Atmojo. Diawali dengan doa bersama, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars KSHK. Ketua Panitia Tjhien Rena Hartati menyampaikan terima kasih kepada seluruh donatur dalam menyukseskan acara.

Kemudian, Chandra Wurianto Woo, menerima bendera KSHK dari Ketua Kehormatan di antaranya; Lunardi Widjaya, Soekartio Tjandra, Henry Hadi, dan Tirto Santoso. Selanjutnya, Chandra Wurianto menyerahkan sertifikat pengangkatan pengurus.

Adapun sebagai Dewan Pembina adalah; Sudjijo, Tjokro Rianto, Budi Santoso, Sugijanto Tjandra, Wijoyo Atmojo. Dewan Pengawas; Tofan Hidayat, Lukman Kamaruddin. Dewan Penasihat, Pengurus dan jajarannya.

Chandra Wurianto Woo menyampaikan akan berupaya memajukan KSHK. “Ketua-ketua sebelumnya sudah bagus. Sekarang kita meningkatkan lagi semangat KSHK dalam bermasyarakat juga lebih memperhatikan kesejahteraan anggota,” ucap Chandra Wurianto Woo.

Acara dimeriahkan oleh atraksi barongsai, liang liong, Wushu, Dewa Uang, lagu, dan tarian dibawakan oleh Muda Mudi KSHK.

Pada akhir acara dibagikan dooprize kepada pemenang yakni 25 payung, 50 angpou, 10 sofa bed, dan 10 lempengan emas. Seluruh hadirin mendapatkan suvenir batu permata Swarovski. 

Chandra Wurianto Woo juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Senopati dan Ketua Komunitas Sosial Masyarakat Tionghoa Surabaya, yang rutin menggelar donor darah setiap 3 bulan sekali, bekerjasama dengan Fokuswanda dan Lenmarc Mall. Para pendonor yang lolos mendapatkan satu paket sembako.

Selain donor darah, setiap bulan Ramadhan, juga memberikan santunan kepada para veteran Jatim.

Pada saat Imlek dan Cap Go Meh, Yayasan Senopati merayakan bersama para lansia Surabaya dengan mengajak makan di restoran. Kemudian memberikan santunan dan sembako. Dalam acara itu, para lansia dihibur dengan beragam penampilan tarian, lagu dan Wushu.

Di bidang pendidikan, Chandra Wurianto Woo menjabat sebagai Ketua Yayasan Cahya Hati Ibu membawahi sekolah 3 bahasa Little Sun School, dimana para siswa siswi banyak meraih prestasi.

Di bidang olahraga, Chandra Wurianto Woo menjabat sebagai Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Jatim. Ia aktif ke berbagai daerah di Jatim untuk memantu dan memajukan atlet daerah. 

Baru baru ini diselenggarakan Kejuaraan Barongsai memperbutkan Piala Wali Kota Madiun. Kiprah Chandra Wurianto Woo mendapat apresiasi dari Edy Kusuma Ketua FOBI Pusat. 

"Pak Chandra Wurianto Woo turut memajukan dan mempopulerkan barongsai di tanah air sejak dulu hingga saat ini," ungkap Edy Kusuma. 

0 komentar:

Posting Komentar