Jumat, 01 Mei 2020

Ramadan di Tengah Wabah Corona Pengurus Masjid Cheng Hoo Surabaya Blusukan Bagi Takjil dari Rumah ke Rumah Warga Terdampak



Ramadan 1441 H sangatlah menyedihkan dirasakan umat Islam di muka bumi, tak hanya muslim di Indonesia. Ditiadakannya sholat tarawih tidaklah menyemarakkan Ramadan tahun 2020, masih mewabahnya pandemi Covid-19.

Ustad Liem Fuk Shan bersama para relawan Masjid Cheng Hoo Surabaya bertugas membagikan makanan buka puasa kepada warga pra sejahtera yang terdampak pandemi. Sore pukul 3, Ustad Liem Fuk Shan atau yang lebih dikenal Ustad Hasan Basri menuju rumah warga yang tidak jauh dari kawasan Masjid Cheng Hoo.



Ustad Hasan membagi nasi berbuka untuk warga terdampak

Perangkat kampung dan warga telah menunggunya. Kemudian ratusan nasi kotak dibawa masuk kampung dan dibagikan. Menurut Anisa ketua RW 8 Kelurahan Ketabang, Kecamatan Genteng Surabaya, selama Ramadhan berlangsung, pihak Takmir Masjid Cheng Hoo rutin membagikan nasi buka puasa untuk para janda dan warga pra sejahtera di kampunya. 

"Setiap hari bergilir dari RT ke RT. Sehari warga 2 RT yang kami bagikan nasi kotak buka puasa ini," jelasnya dan mengucapkan terimakasih atas kepedulian Takmir Masjid Cheng Hoo Surabaya.

Ustad Hasan Basri mengungkapkan selama pandemi, diadakan ceramah online di channel YouTube Masjd M.Cheng Hoo Surabaya yang bisa diikuti jamaah.

H. Abdullah Nurawi Ketua Yayasan HM Cheng Hoo Indonesia membernarkan selama Ramadan digelar ceramah online setelah isya. Dan pembagian nasi buka puasa juga dilakukan door to door. "Para donatur yang ingin membahagiakan anak yatim di bulan Ramadan, pengurus Masjid Cheng Hoo siap menjadi penyalurnya," tuturnya.

Setiap Ramadan di Masjid Cheng Hoo digelar santunan untuk kaum dhuafa dan anak yatim. Bahkan setiap harinya juga menyediakan 700 nasi buka puasa. Kini keadaan menjadi sepi karena pandemi. "Semoga pandemi cepat selesai dan berlalu. Kegiatan bisa berjalan normal kembali," harap Nurawi. 

0 komentar:

Posting Komentar