Kamis, 18 Juni 2020

Daging Teriyaki Masakan Rumahan Mudah Bikin Sendiri

Daging teriyaki menjadi sajian paling nikmat di banyak restoran Jepang. Tapi bisa bikin sendiri di rumah. Tidak banyak merogoh kocek juga tidak butuh waktu lama memasaknya. Bahan-bahan yang dibutuhkan bisa dibeli di pasar tradisional.

Bahan:
Daging 1/4
Bawang bombay 1
Cabe hijau 3
Cabe rawit 4 jika ingin pedas
Bawang putih 2
Bawang merah 3
Saus teriyaki 2 sdm
Saus tiram 2 sdm
Kecap 2 sdm
Gula 2 sdt
Garam 1 sdt
Minyak wijen 1 sdm
Penyedap rasa 
Air 50 ml
Merica


Cara membuat:
Daging dipotong tipis lalu masukkan saus tiram, saus teriyaki, minyak wijen, dan  kecap. Kemudian dibiarkan selama 30 menitan.

Biarkan selama 30 menit

Selanjutnya tumis bawang putih dan merah, kemudian masukkan daging lalu beri air. Tambahkan garam, penyedap rasa, merica bubuk, dan gula. Biarkan hingga agak habis airnya, lalu masukkan irisan cabai dan bawang bombay. Ditumis hingga berbau harum saus teriyaki. Lalu sajikan.

Perkiraan biaya:
Daging 1/4 25k
Bawang bombay satuan 2k
Bawang putih, bawang merah, cabe hijau, cabe rawit 6k
Saus tiram, saus teriyaki per sachet 2.5k
Merica bubuk, penyedap rasa sachet 2k

Harga bisa berbeda di lain tempat.

Daging Teriyaki siap disajikan

Memasak bagi sebagian orang adalah profesi, ada pula yang sekedar hobi, bahkan ada yang pemula. Dari awal mencoba memasak sendiri lama kelamaan manjadi hobi dan kebiasaan. 

Akhirnya berkembang menjadi sebuah profesi yang menghasilkan pendapatan. Usaha kuliner tidak pernah ada matinya selama banyak berinovasi, bagaimana menciptakan beragam menu sajian masakan baru. Bahkan menjadi ikon sebuah wilayah. 

0 komentar:

Posting Komentar