Rabu, 17 Juni 2020

Mudah dan Cepat Bikin Cake Kelapa Tanpa Oven

Mencoba membuat kue sendiri dengan tutorial yang ada di media sosial tidak ada salahnya. Bahkan banyak tutorial membuat kue dengan peralatan sederhana. Seperti cake rasa kelapa yang tidak memakai oven ini. 

Bahannya pun bisa dibeli di toko sekitar rumah. Cara membuatnya sangat mudah dan cepat.

Bahan:
4 butir telur
80 gr tepung
40 gr gula
4 sdm minyak kelapa asli
1 sdt garam
2 sdm perasan jeruk lemon

Cara membuat:
Pisahkan kuning telur dengan putihnya. Kemudian 4 kuning telur diaduk dengan tepung, selanjutnya masukkan garam dan minyak kelapa asli. Putih telur dimixer bersama gula dan perasan air lemon. Lalu masukkan atau campurkan denga adonan tepung. Diaduk sampai halus merata.

Selanjutnya siapkan loyang yang telah diolesi margarine lalu taburkan tepung agar saat cake matang tidak melekat pada loyang. Kukus kisaran 15 menitan sambil dilihat dengan dicoblos kue memakai lidi untuk mengecek dalam cake apakah sudah matang. Ketika matang, cake akan mengembang. Cukup mudah bukan.

Catatan, bahan cake semisal tidak ada jeruk lemon bisa diganti jeruk biasa. Demikian pula jika tidak ada minyak kelapa asli, bisa diganti dengan minyak sayur biasa dan ditambahkan vanila. 

Atau ingin rasa yang lain bisa ditambahkan coklat dan sebagainya. Variasi rasa bisa dicoba sendiri. Adonan cake bisa dirasakan dulu sebelum dikukus. Apakah kurang manis, misalnya, bisa ditambahkan gula. Tergantung selera dan kreasi.


Mengapa tidak menggunakan oven? Hanya kreasi saja, karena mencoba membuat cake yang hanya dikukus cepat. Disarankan memang menggunakan oven agar hasil lebih menarik dengan rasa pilihan menarik.

0 komentar:

Posting Komentar