Minggu, 09 Agustus 2020

Begini Cara Memotret Mainan Atau Toy's Photography

Ada banyak genre fotografi diantaranya memotret landscape, makro, toys, produk, wedding, still life, model dan sebagainya yang ditekuni fotografer. 

Denny D'colo, pendiri sekaligus ketua Komunitas Foto UNIMAXX menekuni toys photography sejak 4 tahun silam. UNIMAXX memiliki anggota aktif lebih dari 100 orang dan anggota sekedar bergabung sekitar 400 lebih. UNIMAXX aktif mengadakan workshop dan motret bareng. Kali ini motret bareng Toy's Photography di Blockbuster Museum Surabaya yang diikuti 20 anggota.



Denny D'Colo pun memberikan tips bagaimana memotret mainan berskala 1:87 yang hanya 2 cm tersebut. Pertama, tentukan konsepnya terlebih dahulu. Kemudian siapkan properti atau dioramanya. Lalu perhatikan pencahayaan, warna, komposisi dan sebagainya. Selanjutnya bila menggunakan kamera DSLR maka bukaan f5,6 dengan speed 1/50 atau 1/60. Jika tanpa cahaya gunakan speed 1/15, karena kecepatan lambat pakailah tripod.


Memotret toys selain hobi juga bisa menjadi komersil, jelas Denny D'Colo. Banyak karya fotografer yang menekuni Toy's Photography menjadi sumber dana atau bernilai jual. 

Sebelum menekuni Toy's Photography, Denny lebih suka memotret obyek makro, binatang, landscape dan sebagainya. Namun kini, Denny D’Colo mengakui memotret toys lebih mengasyikkan karena bisa dilakukan di berbagai tempat seperti di rumah, restoran, bengkel, ruang kerja dan sebagainya. 

"Toy's Photography tidak tergantung tempat maupun cuaca. Jika sudah menemukan ide, langsung bisa dilakukan kapanpun saja," jelasnya.

0 komentar:

Posting Komentar