Minggu, 08 November 2020

Nikmatnya Nasi Krawu Kuliner Khas Gresik


Banyak sajian khas di Gresik yang wajib dicoba bila bertandang kesana. Ada pudak, olahan bandeng seperti otak otak, bandeng keropok, nasi krawu, cubung, ayas, bongko kopyor, kerupuk ikan dan sebagainya.

Nasi krawu menurut sejarahnya dibawa orang Madura ke Gresik lalu menjadi makanan khas kota pesisir tersebut. Mudah mendapatkan nasi krawu karena tidak hanya ditemui di rumah makan saja, tapi juga di kampung-kampung. 

Sajian nasi krawu yakni nasi putih hangat ditambahkan daging sapi atau ayam yang disuwir,  jerohan, ditaburi serundeng dan sambal. Kadang ada yang ditambahkan kuah. 

Harganya terbilang masih murah kisaran 5 ribuan yang daging ayam dan 12 ribu ke atas untuk daging sapi.

Lalu bagaimana cara membuatnya? 
Berikut resep mudahnya. Bahan : boleh memilih daging sapi atau ayam.

Bumbu
Bawang putih merah
Ketumbar jinten
Gula merah
Garam penyedap rasa, asam, kecap, daun salam

Cara memasak
Semua bumbu diatas, dihaluskan dan ditumis, kecuali asam Jawa diambil airnya saja. Daging direbus sampai lunak. Kemudian daging diiris tipis, dipukul dan disuwir-suwir. Masukkan daging dalam bumbu yang ditumis diberi air secukupnya. Tambahkan garam, gula merah, kecap dan penyedap rasa dan air asam secukupnya.

Setelah itu daging dimasukkan ke dalam minyak panas dengan diaduk dan berikan bawang goreng.

Serundeng atau parutan kelapa muda.

Bumbu:
Bawang putih merah, ketumbar jinten, kencur, daun jeruk dan Lombok besar garam dan penyedap rasa. Kemudian semua bumbu dihaluskan ditumis dan masukkan parutan kelapa, diaduk hingga kering. Bila serundeng ingin berwarna masukkan pewarna makanan atau pakailah kunir. 

Sambal
Bumbu; bawang putih merah, cabe, terasi, keluwek dan petis. Cabe, lombok, bawang digoreng, kemudian ditiriskan. Selanjutnya diuleg ditambah terasi, keluwek, petis tambahkan garam, penyedap rasa dan gula sedikit. Lalu digongso kembali. Sajikan.

0 komentar:

Posting Komentar