Senin, 25 Januari 2021

Benarkah Bunga Wijayakusuma Pembawa Keberuntungan



Mendengar namanya, Bunga Wijayakusuma atau Wiku dikira berasal dari Indonesia. Bunga Wiku konon dibawa pedagang Tiongkok ke Indonesia. Bunga Wijaya Kusuma (Epiphyllum oxypetalum) tumbuh di daerah tropis Amerika Tropika (Venezuela dan Kepulauan Karibia). 

Bunga Wiku termasuk jenis tanaman kaktus kelas dicotiledoneae yang merekah di malam hari. Bunga Wiku sebenarnya mudah ditanam namun tidak selalu berbunga, karena dipengaruhi iklim, kesuburan dan cara pemeliharaan.

Sedangkan nama Wijayakusuma berarti kemenangan mutlak bagi seorang raja. Seringnya Wijayakusuma berbunga tak bisa diprediksi, konon dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Mitos lainnya, Wijayakusuma atau bunga kejayaan ini diyakini dapat mengangkat wibawa seseorang.

Bagi orang Jawa, Bunga Wijayakusuma dianggap memiliki berkah. Sedangkan dalam pewayangan, bunga Wiku merupakan pusaka Bathara Kresna, titisan Dewa Wisnu sang pemelihara alam semesta.

Budaya keraton Yogyakarta dan Surakarta, calon raja sebelum naik tahta harus memetik bunga Wijayakusuma yang mekar. Raja yang berhasil mendapatkannya diyakini membawa kejayaan bagi kerajaan yang dipimpin kelak. (Diambil dari berbagai sumber).




Menanam Wiku Sabar Menanti

Lily Zee mengaku tertarik memelihara bunga Wiku. Ia pun membeli secara online sekitar 4 tahun lalu. "Sudah lama menanam tapi tidak pernah berbunga, hanya rimbun saja daunnya," jelasnya.

Terus terang, Lily mengaku sempat tidak yakin bunga Wikunya bisa berbunga. Ia pun menambahkan pupuk kandang, kotoran kambing. Beberapa bulan kemudian tumbuh calon bunga, namun rontok. Kemudian stek tanaman tersebut ditanam di beberapa pot.

"Sering saya elus-elus dan berdoa semoga Wikunya berbunga. Pertengahan 2020 berbunga dan sekarang Januari 2021 berbunga banyak kembali," ujar ibu tiga anak ini.

Bunga Wiku jenis lokal berwarna putih yang ditanam Lily Zee. Selain diberi pupuk, ia mengaku sering menyiram dengan air pususan beras yang dibiarkan hingga berbau. 

Lily tertarik menanam karena bunganya yang bagus dan harum baunya. Ia tertantang karena bunga Wiku terkenal sangatlah sulit berbunga. 

Sejak dulu, Lily pun mendengar cerita tentang kejayaan Bunga Wijayakusuma.  Lalu ia menceritakan kisah Wijayakusuma yang didengarnya. Dikisahkan Raja Kamboja yang sedang berlayar. Kemudian ia berlabuh dan tertidur. Dalam mimpinya ia bertemu leluhurnya dan diminta menunggu tanaman yang berada diantara bebatuan berbunga. 

Karena bunga tersebut membawa kejayaan. Setelah bangun, ia menunggu hingga tanaman tersebut berbunga. Kemudian tanaman tersebut ia bawa dan setiap berlabuh ke kerajaan dihadiahkannya. Kemudian menjadi kepercayaan bagi banyak kerajaan, setiap mengadakan berbagai acara selalu menyertakan Bunga Wijayakusuma. 

0 komentar:

Posting Komentar